Sabtu, 12 Mei 2018

Memanfaatkan ikan goreng sisa menjadi Acar Ikan

Kalau ada ikan goreng yang sudah dingin dan tidak renyah lagi, jangan dibuang. Ikan tersebut masih bisa diolah menjadi makanan yang sedap. Tapi jangan lama lama menyimpan ikan goreng di suhu  ruang. Segera masukkan kulkas satu hari setelah ikan tidak dikonsumsi. Kalau ingin memiliki umur yang lebih panjang, ikan bisa disimpan adalalm freezer. Setelah itu ikan dapat diolah menjadi makanan dalam bentuk lain. Salah satunya acar ikan.




Siapan bumbu dasar kuning halus. Siapkan juga jeruk nipis atau cuka untuk memberi rasa segar. tambahkan bumbu iris jahe, sereh, kunyit, daun salam dan irisan cabe. Kalau suka bisa menambahkan daun jeruk. Untuk acarnya siapkan bawah merah bulat ukuran kecil, serta timun yang dipotong kotak dan dipisahkan dari bagian tengah. Bagian tengah bisa dijadikan lalap ketika dihidangkan.  Kalau ikut dimasak bagian tengah ini akan hancur.

Tumis ikan dengan bumbu kuning, tambahkan sedikit air, gula pasir , garam dan jeruk nipis, masukkan bumbu iris, masak hingga bumbu meresap, terakhir masukkan acar, tunggu sebentar lalu hidangkan hangat.

6 komentar:

  1. Saya belum pernah makan Acar Ikan begini. Rasanya pasti segar ya, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asem manis dengan bumbu rempah, tambah seger deangn timun dan bawang merah yang ditumis.. makasih ya,,

      Hapus
  2. Dibikin ikan cabe hijau kecap juga bisa jadi alternatif Mba..enak juga kok

    BalasHapus
  3. Acar ikan bikin saya penasaran, jika ada sisa ikan goreng tinggal main ke sini dan baca resepnya untuk dipraktikkan, he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak sudah mampir, ini biar ikan tidak mubazir

      Hapus