Senin, 13 Desember 2021

Semur Patin Berempah

Patin Bumbu Semur

 

Dulu kalau ada ikan patin, saya selalu memasaknya menjadi hidangan asam, manis, dan bersantan serta rempah yang banyak. Ini saya lakukan untuk mengurangi bau amis dari ikan patin.
Karena walaupun sudah dicuci bersih, rendam air beras adn dilumuri benda asam seperti jeruk nipis atau belimbing wuluh, patin ini tetap terasa amis dan berbau. Jadi kalau memilh patin di pasar, kita harus berhati hati. Pilihlah yang tidak terlalu berlemak. Kadang patin yang berbau juga sudah dapat tercium ketika masih segar. 

Resep dari kecap bango ini saya coba karena bumbunya mudah didapat, dan rasanya manis. Jadi pingin tau ikan patin kalau dominan rasa manis seperti apa ya.. bumbunya ada jahe kayu manis, pala, cengkeh, ketumbar jintan lada putih, cabe potong dan tomat hijau potong.

O ya ikan ini juga harus digorenjg terlebih dahulu untuk mengurangi rasa amisnya. Jadi saya  marinasi ikan patin dengan belimbing wuluh, ketumbar dan garam selama 1 hari dalam kulkas, setelah itu baru diolah sesuai resep. Hasilnya enak sekali, tidak ada bau amis dan rempah serta senuthan manis sangat terasa

Bahan

  • 2 ekor (750 gram) ikan patin
  • 4 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 sendok makan minyak goreng
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • 4 cm kayu manis batangan
  • 2 butir cengkeh
  • 1000 ml air
  • 6 sendok makan Kecap Manis
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 1/2 sendok lada putih bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 4 buah cabe merah besar, belah dua
  • 4 buah tomat hijau, potong-potong


Cara Memasak

  • Potong ikan patin menjadi 3 bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan 15 menit, tiriskan. Goreng hingga matang, angkat dan sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, jahe, kayu manis, dan cengkeh hingga harum.
  • Tambahkan air, ketumbar bubuk, pala bubuk, jintan, lada putih bubuk, dan garam. Didihkan. Masukkan patin goreng, masak sebentar.
  • Masukkan, cabe merah, tomat hijau, dan Kecap Manis. Aduk rata, masak hingga mendidih kembali. Angkat dan sajikan selagi hangat.

12 komentar:

  1. Aku belum oerper bikin kreasi semur ikan katin, Mba. Kayaknya mau nyobain juga. Keliatan nya enak dan gampil. Biasanya aku seringnya beli kerupuk kulit patin yang kriuk itu

    BalasHapus
  2. Keren banget resepnya. Saya yang selalu mempertahankan cita rasa bahan utama (alias minim bumbu dan pengen cepet, wkwk), dapat insight baru bahwa memasak juga bisa mengeksplorasi rasa-rasa yang didominasi bumbu seperi manis dan atau asam, ya.

    BalasHapus
  3. Saya pernah masak patin yang dipindang.
    Akhirnya cuma saya sendiri yang makan, yang lain pada ndak mau.
    Mungkin saya kurang pinter mengolahnya.
    Ini ada resep baru dari mbanya, terimakasih banyak, saya semangat mau recook nih

    BalasHapus
  4. Ikan patin kesukaan keluarga kami. Biasanya kami memasaknya cuma dengan menggoreng nya saja. Sekarang punya resep cadangan nih. Terimakasih ya resepnya

    BalasHapus
  5. uh ikan patin tuh sering bgt dimakan pas ngkos di bandung, semenjak di medan jarang bgt malah hahaha tapi terlihat menggiurkan ya mbak, bahannya jg gak trlalu sulit didapat lagi xD

    BalasHapus
  6. Nah.. sebenarnya saya suka makan ikan patin .yang jadi masalah adalah mengolahnya. Hihi kalo marinasi selama sehari berarti kudu prepare dulu ya kan kak.

    BalasHapus
  7. Ini makanan favoritku nih. Olahan ikan patin. Aku suka eh ikan-ikan yang biasa di pasar itu; patin, bandeng, lele, dan terutama itu nila. Cuma ya nggak bisa masaknya. Bisanya ngabisin aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan Mas Zen yang cowok, aku yang emak-emak aja tim ngabisin aja...wkwk. Doyan makan nggak doyan masaknya, jadi kalau ada menu yang terasa lezat seperti ini, biasanya kurequest sama tetangga yang masakin aku.. wkwk. Terima jadi, langsung leb.

      Hapus
  8. Belum pernah masak ikan patin... resepnya bisa dicoba nih. Makasih bun...

    BalasHapus
  9. Ikan patin ini enak emang kalau dimasak kuahh. biasanya bumbu kuning, kalau semur gini aku blm pernah coba sih. cobain aahh weekend hihi. thanks resepnya mba

    BalasHapus
  10. enaaak nih :) emang paling cocok ya ikan patin tuh dimasak berkuah jadi seger :) jadi inget di kolam rumah bapak, ikan patinnya gede-gede banget, tinggal nyerok, hehe

    BalasHapus
  11. Jadi kangen ibu deh, dulu ibu saya juga sering masak semur ikan, nah baca artikel Mba W. Anti tentang semur patin jadi pingin bikin deh, nice share Mba,, makasih

    BalasHapus