Sabtu, 30 Mei 2015

Tips Menyimpan Kue Kering Tetap Enak dan Awet


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kue kering yang kita buat dapat disimpan dan tidak berjamur sehingga tetap enak dimakan, antara lain:

1. Pada saat pembuatan kue:

a. Memastikan seluruh bahan sudah siap utnuk diolah

Periksa kembali bahan yang kita gunaan sudah betul betul bersih dan baru. Jika menggunakan terigu, pastikan tidak mengandung kutu dan tidak berbau aneh. Perhatikan tanggal kedaluarsa semua bahan terutama mentega yang mengandung susu agar kue tidak mudah tengik.Agar lebih kering terigu yang digunakan dapat disangraai lebih dahulu sehingga digunakan dalam keadaan setengah matang.

Jangan lupa untuk mencuci telur yang akan diolah menjadi kue untuk menjaga kebersihan dan  bagi yang beragama Islam untuk menjaga agar makanan yang dimakan tetap halal. Keringkan telur yang sudah dicuci dan simpan di tempat yang kering dan hangat sehingga suhu telur tidak berubah.

Jika ingin menggunakan selai buatan sendiri, siapkan adonan selai dari buah segar, buat selai sampai agak kering. Jumlah gula pada selai kue kering lebih banyak dibandingkan pada selai untuk roti sehingga lebih mudah kering.

b. Pastikan seluruh alat yang dipakai sudah bersih dan kering seperti baskom, spatula, sendok, whisker, cetakan kue, loyang, dll.

c. Ketika memanggang pastikan suhu oven dan lama pemanggangan sudah sesuai. Periksa kembali apakah kue sudah betul betul kering dan tidak basah di tengah. Dinginkan kue yang sudah matang di atas rak pendingin. Jika ingin lebih kering lagi kita dapat melapisi bagian bawah kue dengan kertas penyerap minyak sehingga minyak dari kue betul betul terserap.

2. Penyimpanan Kue
a. Pastikan toples penyimpan sudah bersih dan kering. Masukkan kue ke dalam toples jika sudah dingin. Lapisi dengan kertas minyak setiap lapis kue. Lengkapi dengan silica gel sebagai bahan penyerap kelembaban. Gunakan toples kedap udara.

b. Jika ingin lebih awet lagi kita dapat menyimpan kue yang belum disajikan di dalam kulkas.

6 komentar: