Jumat, 19 Desember 2014

Membuat Roti Ubi Ungu Tanpa Telur Dan Butter

Kalau kita sudah memiliki resep roti favorit, kita bisa memodifikasi resep roti kita menjadi berbagai variasi roti seperti roti ubi, roti labu, roti coklat, roti ketan hitam, roti havermout, dll.
Untuk roti, kalau kita tidak memiliki resep , kita bisa mencari resep yang sesuai di internet. tapi kalaupun kita tidak sempat untuk mencarinya, kita bisa mulai deangn menggunakan teori perbandingan antara tepung dan air. 

Roti yang lembut akan terdiri dari 2 sampai 3 bagian tepung terigu dan 1 bagian air. Jadi untuk 600 gram terigu akan membutuhkan 300 cc air. Namun kadang jika terigu yang digunakan bukan terigu protein tinggi, komposis bahan seperti ini akan menghasilkan adonan yang lengket dan sulit untuk diuleni. Ada cara lain untuk membuat adonan roti yang empuk yaitu:

  • Sebagian air yang digunakan bisa dijumlahkan dalam adonan tangzhong sehingg akita akan memiliki kandungan air biasa dan kandungan air dalam adonan tang zhong, 
  •  Bisa juga deangn membiarkan adonan agak lengket dan tetap membentuknya. Caranya dengan mendiamkan sebentar adonan lengket tersebut beberapa menit, lalu menguleninya dan mulai membentuk adonan setelah tangan kita dilumuri deangn minyak goreng. Cara ini membuat roti yang dihasilkan tetap empuk karena kadar terigu yang digunakan tidak bertambah dari perbandingan awal.
  • Jika adonan tetap lengket, masukkan adonan dalam loyang sehingga kita tidak perlu membentuk roti.
  • Cara lain denagn mencampur adonan dengan bahan lain seperti umbi umbian yang memiliki kadar air dan tepung seeprti denagn kentang, ubi atau labu kuning. Tambahkan (sekitar 10 %- 30 %  dari berat terigu) umbi umbian ke dalam adonan roti agar adonan menjadi empuk. 

Tapi kalau tidak mau beresiko gagal kita bisa mencoba resep yang sudah dcoba pleh orang lain di internet.  Resep roti ubi ungu ini hasil modifikasi dari resep roti tawar yang sering saya buat di rumah yaitu: 

Bahan:

  • 600 gram terigu 
  • 280 cc air
  • 100 cc minyak goreng sehat
  • ragi sesuai takaran (setengah bung kus ragi instan fermipan atau 20 gram ragi basah)
  • 100 gram ubi ungu
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
Untuk adonan isi saya menggunakan pasta ubi ungu yang terdiri dari campuran santan gula dan ubi ungu dengan komposisi pasta ubi di resep ini.

Cara membuat: 

Campur ragi gula pasir air, aduk rata. Masukkan 50 cc minyak goreng, aduk kembali. Masukkan terigu, uleni. masukkan ubi ungu sedikit demi sedikit. tambahkan sisa miyak goreng, terakhir taburkan garam halus, uleni kembali. Diamkan adonan. Jika ingin roti yang lebih lembut uleni kembali adonan yang telah didiamkan sebelum dibentuk. Bentuk roti, tambahkan isi.  Jika terlalu lembek, lumuri tangan denga nminyak sebelum membentuk. Diamkan 15 menit,  panggang di oven dengan suhu 180 derajat celsius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar