Kamis, 26 Juni 2014

Cara Membuat Carang Mas yang Renyah alias Keremes alias Grubi dan Tips

Namanya banyak, tapi bendanya ya seperti foto ini.Makanan ini sudah semakin langka di dapat setidaknya di tempat saya. Itu sebabnya saya mencoba membuatnya sendiri di rumah.








Bahannya sederhana yaitu: 

  • Ubi jalar
  • Gula merah
  • Gula pasir 
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

Iris ubi yang sudah dikupas tipis tipis, bisa juga menggunakan mesin agar irisan sama. (Pada foto ini ubi diiris dengan food processor. Rendam dalam air garam agar ubi tidak berwarna hitam dan terasa agak asin. tiriskan ubi yang ingin digoreng. Goreng dalam minyak panas yang terendam sampai kering dan berwarna coklat keemasan. Tiriskan ubi yang telah digoreng.

Buatlah cairan gula pada wajan dengan cara melarutkan beberapa sendok air dalam wajan, masukkan gula merah yang telah dipotong tipis atau disisir. pastikan gula merah telah larut dan tidak ada yang bergumpal. Masukkan gula pasir secukupnya dan tunggu cairan sampai mendidih dan membentuk banyak gelembung udara (pada istilah jawa disebut cairan membentuk "mata ulo".

Masukkan potongan ubi goreng secukupnya, aduk rata dan langsung bentuk dengan cetakan bulat . Saya menggunakan cetakan putu mayang untuk membentuk carang mas agar ubi bisa berbentuk bulat dan sisa  minyak bisa ditiriskan dengan dipres.

Letakkan carang mas pada loyang, tunggu sampai dingin. Simpan dalam toples kedap udara.

Setelah saya membuat carang mas, nampaknya saya semakin salut dengan tukang penjual carang mas karena ternyata membuat carang mas ini tidak mudah. Walaupun bahannya mudah dan murah, untuk membuatnya diperlukan keahlian tersendiri terutama pada saat meniriskan ubi, membuat larutan gula dan mencetak campuran ubi dan larutan gula.

Tips membuat carang mas:


Pastikan ubi yang digoreng benar benar tiris. Ubi yang sudah diparut harus langsung digoreng, jika ubi parut mentah tersebut disimpan di kulkas dan baru digoreng keesokan harinya, ubi tidak bisa digoreng sampai renyah. Cara meniriskan ubi bisa dengan ditiriskan pada adonan peniris lalu diletakkan pada kertas penyerap minyak.

Buat larutan gula yang tepat. pada carang mas di atas saya lebih banyak menggunakan gula merah daripada gula pasir. Gula pasir bersifat tambahan yang fungsinya membuat cairan gula lebih keras ketika sudah dingin. Jika cairan gula tidak menggunakan gula pasir, cairan ketika sudah dingin sulit mengeras dan ubi culit dicetak. kalaupun sudah dicetak akan mudah terbongkar/ buyar.

Pastikan carang mas yang sudah dicetak betul betul sudah tiris dari minyak, jika belum dapat ditiriskan kembali sebelum masuk dalam toples. Carang mas pada foto belum ditiris. Anda dapat melihat ada genangan minyak pada piring yang digunakan.

Cobalah bereksperimen dengan bahan bahan lain selain ubi jalar merah. Mungkin bisa menggunakan ubi ungu, atau bahkan wortel sebagai pengganti ubi jalar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar