Minggu, 07 Desember 2014

Masak Cepat Nasi Goreng

Selain mi instant, nasi goreng adalah makanan yang bisa dimasak dan disajikan denagn cepat ketika kita ingin makan makanan hangat dalam waktu yang cepat.  Sehabis bepergian, ketika di rumah belum ada makanan lain yang tersaji, selain nasi yang sudah dingin, kita bisa membuat makanan hangat yang cepat yaitu nasi goreng.

Nasi goreng yang biasa dibuat adalah dengan bumbu bawang merah, bawang puth dan cabai merah serta garam. Untuk tambahan nasi, kita bisa memasukkan ayam yang sudah disuwir, bakso, sosis, kornet, udang, teri, ikan asin, babat, paru dan jeroan lannya, hati ampela ayam, daging kambing,  dll sesuai dengan selera. Kalau ingin menambahkan sayur, kita bisa menambahkan kol, tauge, sosin hijau, bawang daun, dll. Untuk penggemar bawang bombay, bisa menambahkan bawang bombay. Sebagai penyedap alami kita bisa menambahkan tomat, ebi, terasi, dll.

Ada juga nasi goreng lain yang aromanya khas seperti nasi goreng kencur, keluwek, kunyit, dll. Ada yang menambahkan embel embel rasa tertentu seperti nasi goreng padang yang menambahkan rendang dan cabai rawit dan cabai keriting pada masakannya. Di Luar negara, nasi goreng lebih banyak lagi variasinya, bisa menambahkan minyak samin, minyak bekas menggoreng daging kambing, kacang mete, kismis, dll. Jadi tidak usah bingung atau bosan ketika membuat nasi goreng karena kita bisa bereksperimen banyak sekali.

Jangan terlalu terpaku dengan bumbu nasi goreng standard karena nasi goreng bisa dibuat dengan berbagai variasi bumbu. Kita bisa bereksperimen denagn berbagai macam bumbu untuk menghasilkan nasi goreng yang berbeda dari biasanya. Jika takut mendapatkan rasa yang aneh, mulailah denagn menambahkan satu jenis bumbu yang cukup dominan, dan tidak mencampurnya dengan bahan lain. Tambahkan bumbu yang rasanya tidak lazim sebagai aksen dan tidak terlalu banyak seeprti penambahan ketumbar atau kencur pada resep nasi goreng bawang putih.  Jangan lupa untuk menambahkan garam yang cukup sebagai penguat rasa.

Nasi goreng jagung cabai dan udang denagn bumbu nasi goreng biasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar