Minggu, 07 Desember 2014

Membuat Bolu Gulung Ubi Kaya Gizi, Tanpa Tepung Terigu

Kenapa menambahkan ubi? karena ubi mengandung banyak vitamin, zat besi, beta karoten serta pati kompleks yang baik untuk meningkatkan kekuatan dan energi. Untuk lebih lengkap bisa dilihat di : http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-gizi-ubi-jalar-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan.html. Jadi untuk anak yang sedang masa pertumbuhan, makan penganan yang menganduung umbi umbian lebih baik dari makan penganan yang hanya terbuat dari tepung olahan pabrik yang mengandung bahan pengawet.

Bagi orang yang alergi terhadap gluten, ia perlu mengkonsumsi makanan yang gluten free sehingga terigu adalah benda yang harus dihindari. Tapi menghindari terigu tidak berarti harus menghindari bolu dan makanan enak lainnya. Kita masih bisa membuat bolu panggang,  bolu kukus, bolu gulung, dll tanpa menggunakan terigu dan menggantinya dengan bahan tepung tepungan seperti tepung ketan, tepung sagu, tepung kentang, tepung arrowroot, dll, juga dari  umbi umbian seperti kentang, ubi jalar, labu kuning, dll.

Kebanyakan resep bolu, donat dan ubi di internet mencampur ubi dan terigu dengan komposisi tertentu untuk membuat bolu atau donat menjadi lebih empuk. Penambahan ubi pada kue akan menghasilkan tekstur yang lebih basah dan lembab. Kita tinggal mencari resep yang sesuai di internet dan mencobanya. Jika tidak ingin menggunakan terigu, dari resep bolu ubi yang ada di internet, kita bisa mengganti tepung terigu denagn tepung ketan atau tepung sagu. Tekstur yang dihasilkan dengan tepung yang berbeda tentu berbeda. Penambahan tepung ketan atau tepung kanji akan menghasilkan bolu yang kenyal.

Bolu gulung ubi ungu hasil modifikasi dari resep bolu minyak di http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/bolu-minyak-tanpa-pengempuk-dan.html
Bolu gulung adalah bolu yang ukurannya tidak terlalu tebal dan memiliki kelenturan yang cukup ketika digulung sehingga tidak pecah. Untuk mendapatkan tekstur dan kelenturan seperti ini, jumlah telur yang dibutuhkan dan lemak lebih besar dibandingkan jumlah terigu. Penambahan umbi umbia akan membuat bolu menjadi lebih basah, jika jumlahnya terlalu  banyak, bolu menjadi lebih berat, mudah patah dan sulit unutk digulung.

Resep bolu gulung ubi yang saya coba adalah:
  • 6 telur, pisahkan putih dan kuningnya. Bagian putih tidak boleh terkena kuning telur, air serta minyak.
  • 40 gram  tepung ketan
  • 60 gram ubi jalar apa saja
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 115 cc air hangat
  • 75 cc minyak goreng
Untuk cara membuatnya secara detail dapat dilihat di : http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/bolu-minyak-tanpa-pengempuk-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar