Kamis, 18 Desember 2014

Resep Mochi dan Berbagai Variasinya

Di Indonesia, kue mochi yang cukup terkenal berasal dari Sukabumi atau Cianjur. Biasanya kue ini dijual dalam kotak bambu denagn bentuk bulat sederhana dilumuri tepung kanji yang terasa dingin dan berisi kacang tanah halus yang manis. Kue mochi ini ternyata bukan hanya kue khas dari Indonesia, banyak negara yang juga memiliki kue mochi sebagai snack seperti Jepang dan Korea.  Ternyata kue mochi ini banyak sekali variasinya dari taburan kulit luar, dari kulitnya sampai ke isi yang digunakan. Ada kue mochi yang ditabur tepung kanji dan gula halus, dicampur susu bubuk, dicelup ke dalam coklat cair sehingga berlapis coklat, ditabur wijen putih atau wijen hitam, ditabur kelapa parut, coklat bubuk, green tea matcha bubuk, kacang kedelai bubuk, kacang tanah bubuk, dll. Kulit mochi sendiri biasanya terbuat dari tepung ketan putih. Kulitnya yang kenyal dan gurih ini bisa diperkaya dengan aneka rasa seperti rasa coklat, strawberry, durian, mangga, green tea, rasa pandan, dll. Ada juga yang mencampur kulit mochi dengan ubi jalar, ubi ungu, talas, atau kentang. Isinya lebih bervariasi lagi seperti es krim, kacang tanah tumbuk, whipped cream denagn variasi aneka buah seperti strawberry, cherry, pasta ubi atau talas, dark cooking chocolate, milk cooking chocolate,white cooking chocolate, nutella,  kacang hijau, kacang merah, keju, yogurt, durian, pasta wijen hitam, abon, dll.

Mochi ketan denan pewarna dari pandan dan berisi pasta ubi ungu
Cara membuat mochi ini juga bervariasi, antara lain:

1. Ada yang mencampur bahan, dikukus sampai lengket dan matang baru dibentuk dan dimasukkan filling, baru dibaluri denagn bahan taburan mochi. Cara ini bisa dipakai unuk memuat mochi es krim karena pada cara ini adonan kulit sudah matang, baru di tambahkan adonan isi.
2. Bahan dicampur, didiamkan sampai kalis dan diberi filling. Baru kemudian dikukus dan diberi taburan secepat mungkin agar bahan taburan menempel pada kulit.
3. Selain menggunakan kukusan, ada juga yang menggunakan microwave untuk memasak kulit mochi sampai matang. Cara ini adalah cara yang paling cepat.

Resep mochi yang beredar di internet dan cukup populer dapat diperoleh di Hesti Kitchen, JTT atau Sajian Sedap.

Resep yang pernah dicoba di rumah adalah:


Bahan-bahan:
  • 220gr tepung ketan putih
  • 100 gr gula pasir
  • 150 cc santan
  • Pasta pandan yang dibuat sendiri dari: 50 cc air dan 20 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan yang diblender
Filling Pasta Ubi Ungu
  • 150 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
  • 100 ml santan cair
  • 25 gr gula pasir
Pelapis:
  • Tepung kanji yang sudah disangrai.
Cara Membuat :
  •  Filling :Masak ubi susu dan gula hingga agak mengering
  •  Kulit : campur tepung ketan dan gula, aduk rata. Masukkan santan sambil di aduk hingga rata. Tuang pasta pandan.  Tuang di wadah tahan panas yang lebar agar matangnya cepat. jangan lupa untuk mengolesi wadah dengan minyak.
  •  Kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai di tusuk sudah tidak terlalu lengket.
  •  Angkat lalu tuang diatas meja kerja yang sebelumnya sudah diberi ayakan tepung ketan sangrai. Pipihkan sebisanya. Potong-potong kotak. Beri isi lalu rapatkan/ bentuk bulatan, dan mochi siap disajikan.
Catatan:
Supaya tidak lengket, adonan mochinya saat ditipiskan ditaburi tepung ketan sangrai. Juga alas kerja dan gilingannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar