Jumat, 23 April 2021

Variasi Tempe Tepung Dengan Keju




Tempe tepung atau mendoan adalah hidangan  khas Indonesia yang sederhana tapia cukup digemari oleh masyarakat. (tentang tempe tmendoan silahkan lihat di: https://id.wikipedia.org/wiki/Mendoan)

Hidangan Tempe tepung yang sederhana juga bisa diolah dengan keju menjadi hidangan yang berbeda. Apalagi kalau asupan kejunya banyak.. wah anak anak pasti suka, bisa  memenuhi kebutuhan kalsiumnya sehari hari juga.. 

Itu sebabnya saya membuat kreasi tempe tepung keju. Keju dapat dimasukkan dalam adonan tepung dan pada lapisan tempe yang sudah diiris tipis tipis. Saking ingin menambah sebanyak banyaknya, saya membuat lubang pada bagian tengah yang dapat diisi sebanyak banyaknya dengan keju. 

Bahan:

12 lembar tempe
Keju Cheddar sesuai selera, kalau saya sebanyaknya banyaknya, parut
250 gr terigu
1 sdm kanji
1 batang bawang daun, iris tipis
air secukupnya
2 bawang putih, haluskan
Garam, bubuk merica dan bubuk ketumbar secukupnya
Minyak goreng
 

Cara membuat:


Aduk air, bumbu, bawang dan bawang daun. Masukkan tepung terigu dan tepung kanji, sisihkan untuk pelapis. 

 

Siapkan tempe lalu tumpuk dengan keju, terakhir tutup dengan tempe. Karena anak saya suka keju, saya membuat penutup tempe dari cetakan donat agar jumlah keju yang ditabur menjadi lebih banyak. Celupkan tempe kedalam adonan, goreng dengan Minyak goreng hingga bewarna kuning keemasan. Sajikan.

Variasi tempe tepung lainnya dapat dilihat di sini: 

https://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/06/variasi-tempe-tepung.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar