Selasa, 20 April 2021

Nasi Mandhi Instant

 

Nasi mandhi instant percobaan pertama

Ini adalah salah satu pengalaman saya memasak masakan Timur tengah dengan cara yang sangat mudah. saya membuat Nasi mandi yang juga populer dengan nama Nasi Arab. Kebetulan saya menemukan Nasi Mandhi instant yang dapat diperoleh di Tokopedia atau Shopee.

Nasi Mandhi instant ini sangat berguna sekali bagi tukang masak pemula yang ingin makan masakan Timur Tengah tapi nggak tau caranya, seperti saya. jadi kita nggak harus repot repot meracik bumbu bumbu dan mengolahnya sendiri. Cukup Buka kemasan, sobek dan tuang. Aduk masak, jadi deeeh nasinya. 

Yang namanya masakan Timur Tengah pastinya banyak bumbu rempah. Salah salah meracik dan menakar, hasilnya jadi kurang memuaskan. Belum lagi dengan beras basmatinya.. jujur saya belum pernah memasak beras basmati, tapi dugaan saya, sama saja seperti beras kita, beras inipasti ada tingkat tingkat dan sifatnya yang berbeda, jadi pendapat saya nggak semua beras basmati itu sama.. 

Kalau kita beli paket instan, produsennya mungkin sudah memilih beras mana yang cocok untuk dimasak dengan instan jadi nggak harus menebak nebak lagi harus diapakan berasnya atau seperti apa sifatnya karena tinggal ikuti petunjuk dalam kartonnya saja.

Nah kali ini saya akan mencoba Nasi Mandhi Instant dari Safir. Ini tampak depan kemasannya. Sudah ada logo halalnya. Nasi ini dapat disajikan untuk 2 - 3 porsi, mudah membuatnya dan dapat dimasak dalam waktu singkat (katanya 30 menit).

Tampak depan kemasan Nasi Mandhi Instant dari Safir


Tampak atas kemasan Nasi Mandhi Instant dari Safir

Tampak bawah kemasan Nasi Mandhi Instant dari Safir

Cara membuatnya kurang lebih seperti ini: 

https://cf.shopee.co.id/file/921757dec074d9f3d1324da363f121f9

Rupanya berasnya direndam dulu sebelum dimasak dengan air hangat (belum termasuk yang 30 menit tadi ya.. ) setelah itu baru dimasak dengan bumbu dengan api kecil hingga air menyusut. Seperti metoda nasi liwet ya.. 

O ya ada bahan tambahan yang tidak disertakan yaitu: bawang putih, bawang bombay, daging dan minyak goreng.

Jadi apa aja isi kotak tadi ? kalau pada box ertera: Beras Basmati Premium, bumbu serbuk dan kering, bubuk safron. Bumbunya berisi: Lada putih dan hitam, Cumin, cengkeh, Kayu manis, Kapolaga dan ada racikan spesial .

Tampak depan kemasan Nasi Mandhi Instant dari Safir
Komposisi bumbu Nasi Mandhi Instant dari Safir


Ayo kita buka kotaknya.

Isi kemasan Nasi Mandhi Instant dari Safir

Isinya beras, bumbu dalam aluminium foil dan bubuk safron yang dikemas terpisah. 

Sayangnya saya lupa memotret isi bumbunya, tapi yang jelas ada bumbu serbuk dan ada butiran yang masih terlihat kasar juga ada cengkeh dan kapolaga yang sudah dibuka dari kulitnya. Ada juga 2 jenis kristal yang satu kasar dan halus. Karena tidak yakin dengan apakah bumbu kristal halus itu (yang saya takutkan adalah msg karena kami tidak konsumsi msg di rumah) jadi saya mengayak dan mengalirkan air pada bumbu tersebut. Sebagai pengganti msg saya menambahkan santan instan agar terasa lebih gurih disamping daging sapi. 

Setelah merendamnya selama 30 menit, saya langsung menumis bawang  putih dan bawang bombay lalu menambahkan santan, kaldu daging dan bumbu lalu memasukkan beras basmati yang sudah direndam dan memasaknya dengan api kecil. saya memakai panci dengan dasar yang tebal agar tidak cepat gosong. Hasilnya sangat memuaskan. Nasinya empuk dan bumbunya sudah meresap.  Rasa bumbunya pas dengan lidah saya (orang Asia) yang tidak suka bumbu rempah dengan rasa yang tajam, tapi masih terasa aksen bumbunya.

Nasi Mandhi Jala modifikasi


Nasi Mandhi ini dapat dimofikasi menjadi berbagai macam penganan.Ada yang setelah matang dibungkus dalam daun pisang dan dibakar (nasi bakar), bisa juga sebagai isian dalam nori atau gulungan telur, dimakan dengan roti jala, dimodifikasi menjadi nasi pattaya, dan banyak lagi.

11 komentar:

  1. Duh kok jd pengen nyoba sih. Ini mah stater pack yg sempurna buat aku yg ga jago masak. Hihi
    Praktis banget bisa dimodifikasi juga sesuai selera ya

    BalasHapus
  2. Sumpah saya suka nasi Mandhi. Bisikin dunk kak, berapaan budget nya. Pengen beli nasi Bukhori juga. Rasanya pasti mantabbb

    BalasHapus
  3. Saya baru ini perdana mendengar masakan namanya nasi mandi. Ini tuh ada yang versi instan gitu? Bedanya sama nasi briyani apaan mba?

    Kayaknya berasnya sama ya, panjang-panjang, langsing-langsing. Duuh, enak pasti ini.

    BalasHapus
  4. Cantik banget sih ini penyajiannya..ya ampun bacanya pas jam maksi pula. Nasi Mandhi enak sekali. Apalagi kalau praktis begini Nasi Mandhi Instant dari Safir. Mau cari ah, praktis sekali ini

    BalasHapus
  5. Nasi mandhi adalah salah satu nasi khas timur tengah yang paling aku sukai mba.
    Lebih nyaman dengan rasanya dibandingkan dengan jenis nasi biryani.
    Ramah di lidah anak-anak juga sih karena gak terlalu menyengat bumbu dan rempah nya, tapi tidak mengurangi kelezatan dan cita rasanya.

    BalasHapus
  6. pas banget baca artikel kakak jam makan siang dan belum maksi juga, aduh auto laper banget deh kayaknya enak banget ya makan ini

    BalasHapus
  7. Aku baru denger sekali ini Mbak tentang nasi mandhi. Belum pernah nyobain. Jadi penasaran deh kaya apa enaknya. Kapan-kapan mau nyobain ah.

    BalasHapus
  8. Oh, rupanya berasnya beda. Kirain selama ini yang dipakai pada nasi mandhi itu adalah berasa biasa. Tertarik untuk buat sih, cuman kayaknya memang harus ngerasain dulu gimana enaknya makan nasi mandhi ini. Hehheeh …

    BalasHapus
  9. Ehh ada nasi mandhi instan ternyataa ya ampun aku kemana aja kudet aslii. kalau ginii caranya sih mau bangett akuu tiap hari makan nasi mandhi ngga ribet bikin bumbunya itu lho haha

    BalasHapus
  10. oh jadi berasnya udah sepaket sama bumbunya ya mba...
    mudah dong ya, praktis.
    Ibu saya adalah salah satu ibu yang pinter bikin nasi arab ini.
    Tapi sayanya cuma tau makan aja hehehe
    sekarang saya udah tinggal jauh dari ibu, kepingin makan nasi arab, gak bisa merengek ke ibu minta bikinin.
    mungkin nasi arab instant ini bisa jadi solusi ya, bisa beli di market place lagi....

    BalasHapus
  11. Bru kali ini denger nasi mandhi, dn skrang udah ada di online shop yh, jd bisa cobain jg deh

    BalasHapus