Senin, 06 Juli 2015

Tips Membuat Nasi Uduk Dan Nasi Kuning





Bumbu yang lazim dipakai untuk nasi kuning adalah kunyit, daun pandan, garam, sedikit jahe, daun salam sereh, kayumanis dan cengkeh jika suka beraroma, dll sesuai selera. Baik nasi kuning dan nasi uduk emnggunakan santan. Gunakan santan yang segar agar nasi menjadi enak dan penuh gizi.

Ada beberapa cara membuat nasi kuning dan nasi uduk.

Cara 1: 

Cara yang paling sering digunakan yaitu merebus santan dan daun yang digunakan seperti pandan, daun salam dan daun sereh hingga mendidih, memasukkan beras dan dimasak sampai santan mengering. Tutup nasi yang sudah setengah matang. Setelah 15 menit, kukus nasi dalam panci kukusan hingga matang. Sajikan denagn lauk pelengkap yang sesuai.

Cara 2:

Cara yang lebih cepat walaupun hasilnya berbeda dari cara 1. Jika pada cara ke 1 nasi masih terlihat butir butirnya dan agak keras, pada cara ke dua nasi lebih empuk. Cara kilat ini menggunakan panci presto. Caranya campur semua bumbu dan santan sesuai takaran, masukkan beras, masak dalam panci presto sesuai deangn waktu memasak yang tertera di panci presto. Kalau saya memakai api kecil ketika panci presto telah bunyi berdesis. Tunggu selama 15 menit, matikan panci, nasi siap disantap. Sajikan nasi dengan lauk pelengkap. Catatan: kedua foto ini menggunakan cara ke 2.



Sebagai selingan, silahkan lihat karya anak anak yang memasak nasi kuning dengan lauk pelengkap dengan cara ke 1:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar