Rabu, 12 November 2014

Membuat Abon Ikan Dari Ikan Goreng

Gagasan ini berawal dari sepiring ikan tongkol goreng yang relatif tidak tersentuh oleh anak anak. Entah karena bosan atau memang sedang tidak berselera untuk makan. Sebelumnya jika ada sisa sisa ikan akan diberikan kepada kucing yang berkeliaran di lingkungan sekitar rumah. Tapi karena masih sayang deangn ikan yang jumlahnya masih sangat banyak itu, akhirnya ikan tersebut dicoba utnuk dmasak kembali menjadi hidangan lain. sebetulnya banyak sekali pengolahan ikan yang sudah dogpreng menjadi masakan lain seperti ikan acar kuning, balado ikan, dll. Tapi saya mencoba resep yang lain yaitu abon ikan karena masakan lain seperti acar kuning sudah cukup sering saya buat di rumah.



Bahan:

Ikan tongkol atau tuna yang sudah digoreng
Bawang putih yang dihaluskan
Merica bubuk
Ketumbar bubuk
Santan kental
Gula merah yang dicairkan
Daun jeruk purut
Salam
Lengkuas
Jahe sedikit saja
Sereh
Garam

Untuk takaran bumbu bisa disesuaikan denagn selera. Kunciya dari membuat abon ikan ini adalah membuat ikan terasa tidak bau amis dan eneg dengan menggunakan daun jeruk purut, sereh dan jahe (ada yang suka menambahkan kunyit), lalu menambahkan santan untuk rasa gurih dan karena anak anak biasanya suka denagn rasa manis, dengan menambahkan gula merah.

Cara membuat:
Ikan goreng dibuang tulangnya dan disuwir kecil kecil. Tumis bumbu bawang sampai harum dan bau tajamnya hilang. Masukkan santan kental dan gula merah serta bumbu lainnya seperti: ketumbar, merica, salam lengkuas jahe dan sereh serta garam. Masukkan ikan yang sudah disuwir, masak denagn api kecil sampai bumbu kering dan santan meresap ke dalam ikan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar