Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Membuat Popcorn Aneka Rasa

Popcorn terkadang lebih nikmat jika dimakan dengan tambahan rasa baik rasa asin dan rasa manis. Ada beberapa variasi rasa popcorn yang dapat kita buat sendiri di rumah tanpa harus menggunakan popcorn maker.

Mencampur popcorn ketika sudah meletus membuat popcorn mengembang sempurna dan terasa lebih renyah. Yang perlu kita ingat, jagung popcorn yang sudah meletus, akan kempes jika terkena air. Ini menyebabkan jika ingin mencampur popcorn yang sudah meletus, bahan pencampurnya juga tidak boleh mengandung banyak air agar tidak melempem.

Popcorn Asin Dari Bumbu Kering

Untuk tambahan rasa asin, kita bisa menambah berbagai macam aroma seperti aroma bawang putih, aroma butter, aroma cabai, aroma keju tabur, dll. Silahkan bereksperimen sendiri sesuai selera anda.

Yang perlu kita ingat bahwa penambahan aroma harus dilakukan dalam keadaaan kering karena bila popcorn terkena bumbu basah, popcorn tidak akan terasa renyah lagi.

Tambahkan bumbu popcorn dalam keadaan kering ketika popcorn masih dalam keadaan hangat sehingga bumbu bisa lebih mudah tercampur ke dalam popcorn.  Jika mengalami kesulitan mengaduk di atas wajan, kita bisa mengaduk popcorn dan bumbu dengan menggunakan kantong plastik. Gunakan kantong plastik besar yang bersih dan kering untuk mengaduk popcorn dan bumbu hingga rata. 

Ada juga yang menambahkan popcorn dengan bahan makanan lain yang masih sesuai seperti kacang panggang, biskuit kering yang dihancurkan, kelapa sangrai kering, dll sebagai variasi.

Popcorn Manis Dari Bumbu Kering

Kita juga dapat menambahkan bumbu tabur kering dengan rasa manis ke dalam popcorn seperti gula halus, bubuk kayu manis, sedikit coklat bubuk, dll untuk menambah selera.

Popcorn Coklat

Variasi lain popcorn manis adalah dengan menambahkan coklat blok leleh ke dalam popcorn yang sudah matang. Hasilnya adalah coklat dengan popcorn yang renyah ketika dimakan. Sebagai variasi kita bisa menggunakan coklat blok yang sudah ada rasa tambahan seperti coklat strawberry, coklat lemon, dll

Popcorn Caramel


Kita bisa membuat popcorn caramel sendiri di rumah dengan \memanfaatkan panas yang masih ada di dalam panci yang kita pakai untuk membuat popcorn. Dengan cara ini gula akan lebih cepat meleleh. Bisa juga dengan menggunakan wajan yang baru dipakai.

Buatlah karamel tanpa menambahkan air. Masak denagn api yang kecil agar gula tidak gosong. Ketika sudah berubah warna menjadi kuning keemasan, tuangkan karamel ke dalam popcorn yang sudah siap. Aduk rata, dinginkan sebentar dan siap disantap. Aduklah karamel dan popcorn dalam wajan besar agar tidak tumpah. Hati hatilah ketika mengaduk karena suhu karamel lebih besar dari suhu air mendidih.

Kita bisa menambahkan bumbu serbuk seperti cabe bubuk, kayu manis bubuk, dll sesuai selera ketika membuat karamel. Kita juga bisa menambahkan butter atau yogurt kental ke dalam karamel utnuk mendapatkan rasa yang lebih gurih. Penambahan rasa dilakukan ketika gula sudah hampir menjadi karamel. Aduk rata hingga tidak ada gelembung, campurkan dengan popcorn.

Popcorn yogurt caramel

Resep Popcorn Yogurt

  • Jagung popcorn yang sudah matang (dalam keadaan masih mentah sebanyak kurang lebih 100 gram)
  • Gula pasir 5 sdm
  • Yogurt kental 2 sdm


Buat karamel dari gula pasir dengan menggunakan api kecil. Tunggu hingga berwarna kuning kecoklatan, masukkan yogurt. Akan terdengar bunyi mendesis karena yogur msih mengandung sedikit air. Aduk hingga gelembung dalam karamel hilang. Masukkan popcorn, aduk rata.

Catatan: karamel bisa juga ditambahkan bahan lain seperti susu bubuk, butter, susu kental manis, dll sesuai selera. 

Artikel lain tentang popcorn: 

Cara-membuat-popcorn.html 

Memilih-jagung-popcorn.html

7 komentar:

  1. Popcorn ini bisa jadi ide menjalankan usaha ya. Bisa bikin dengan aneka rasa. Yang penting tahu triknya seperti dalam tulisan ini.

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata semudah ini membuat variasi rasa pada popcorn. Pingin banget jadinya buat bikin popcorn caramel ala dapur harmoni, kayaknya gurih manis ya rasanya :D

    BalasHapus
  3. Suka banget pop corn alias borondong jagung. Ringan tetapi enak buat ngemil. Mumgkin karena berasal dari jagung jadi ada rasa cukup mengenyangkan kalau dinakan dakam porsi banyak.

    Tsrima kasih atas tips untuk tidak pakai air jika bikin borondong. Soalnya bingung cara bikin pop corn karamel bagaimana. Pengen yang manis pedas.

    BalasHapus
  4. Wah ternyata caranya cukup mudah ya mbak. Habis baca resep ini jadi makin semangat bikin popcorn dengan aneka rasa. Anak-anak saya pasti suka ini.

    BalasHapus
  5. Favorit saya popcorn caramel seperti yg dijual di bioskop itu, sekarang jadi tau cara buatnya gak perlu beli lagi tinggal cari panci khusus buat popcorn aja nih :)

    BalasHapus
  6. Makasih resepnya, saya penasaran banget dengan popcorn rasa yoghurt. Omong-omong ini yoghurt yang plain, murni yoghurt, atau bisa yoghurt minuman kayak Cimory yang ada macam-macam rasa?

    BalasHapus
  7. wah asik niy bisa aku terapkan di rumah bikin popcorn bareng sama keponakan-keponakan di rumah biar mereka happy sambil nonton. kalau aku sukanya yang asin

    BalasHapus