Jumat, 17 April 2015

Resep Bakso Ikan Lapis Kentang Parut

Bakso ikan lapis kentang parut

Salah satu makanan yang baik untuk anak-anak adalah ikan. Dari berbagai variasi makanan hidangan ikan yang digoreng, pepes dan panggang, hidangan bakso termasuk kudapan yang cukup digemari anak-anak. Bakso ikan sendiri memiliki banyak variasi hidangan selain digoreng, dimasak bumbu tomat atau dimakan bersama sama mie. Salah satu hidangan variasi bakso yang pernah saya coba adalah bakso lapis kentang parut goreng. Sepintas tidak terlihat seperti hidangan bakso, lebih mirip dengan bala-bala. Ada yang menyebut ini seperti bakso rambutan karena kulitnya yang seperti rambut. Karena belum memiliki nama yang jelas, makanan ini saya beri nama sesuai bahannya yaitu Bakso Ikan Lapis Kentang Parut.

Bahan: 

  • Bakso ikan (kalau ingin membuat sendiri silahkan lihat di artikel Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal Tanpa Bahan Kimia)
  • kentang parut kasar
  • Telur ayam untuk perekat (jika tidak bisa menggunakan telur bisa mencoba denagn tepung kanji yang dilarutkan)
  • tepung terigu untuk balutan
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat: 

Lumuri bakso ikan dengan kocokan telur, lumuri dengan tepung terigu, lumuri dengan kentang parut. Ulangi proses ini beberapa kali hingga terbentuk lapisan yang agak tebal dan tidak mudah rontok. Goreng dalam minyak yang banyak dan api yang cukup panas hingga kecoklatan, hidangkan bersama saus tomat dan sambal.

Hidangan ini bisa diubah menjadi berbagai variasi. Jika tidak sempat membuat kentang parut, bakso bisa dibungkus dengan tepung panir. Variasi lainnya adalah mengganti parutan kentang dengan wortel parut, ubi, kol, labu siam, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar