Jumat, 27 Juni 2014

Tips dan Resep Membuat Martabak Manis Tanpa Ragi

Martabak manis mini yang tidak dilipat

Martabak manis adalah makanan yang cukup populer di Indonesia. Makanan ini cukup populer di Bangka dan di Bandung yang lebih dikenal denagn nama kue terang bulan. Banyak sekali gerai martabak yang sudah terkenal  di  berbagai daerah seperti martabak matahari, martabak boss, martabak bangka, martabak terang bulan, martabak pecenongan, martabak jepang, martabak orins dll. Jika tidak ingin membeli, kita bisa membuat sendiri martabak manis dengan variasi yang sangat banyak.

Martabak berbeda dengan dadar gulung atau crepe, mirip dengan pancake tapi lebih tebal. Dadar gulung atau crepe tidak membutuhkan pori-pori karena kue ini didadar tipis-tipis sebelum diisi tengahnya dan digulung.  Pancake lebih tebal dari crepe, tidak setebal martabak dan  tidak diisi tengahnya seperti martabak. 

Konon  martabak manis asal Bandung atau Bangka tidak menggunakan ragi sebagai pengembang. Itu sebabnya bau martabak manis tidak sama seperti kue pukis atau kue lain yang menggunakan ragi. Martabak manis menghasilkan lubang serat yang teratur yang menyebabkan kue menjadi empuk.

Martabak manis yang cukup berhasil adalah martabak dengan gelembung udara di dalam kue yang menyebabkan martabak menjadi empuk.  Jika tidak ada gelembung  udara, martabak menjadi keras seperti bala-bala atau adonan tepung yang digoreng lainnya.

Tips Agar Martabak Manis Menjadi Empuk

 

Dibutuhkan survei dan uji coba resep berkali kali bagi saya untuk mendapatkan martabak manis yang cukup berhasil. Ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat membuat martabak manis yang empuk antara lain:

a. Memilih resep yang tepat

Resep martabak yang ada di internet atau di mana saja bisa dicoba. Namun perhatikan perbandingan kandungan air, minyak dan tepung yang digunakan pada resep.  Minyak atau lemak membuat martabak menjadi empuk walaupun martabak sudah dingin.  Air dan minyak membuat adonan menjadi lebih encer yang membantu proses pembuatan gelembung udara. Terlalu sedikit cairan membuat adonan menjadi keras dan alot seperti adonan bala bala. Adonan yang keras tidak dapat menghasilkan gelembung walaupun sudah ditambahkan banyhak baking soda.Adonan martabak yang dibuat tidak terlalu kental dan jika diangkat dengan sendok pengaduk akan mengalir secara perlahan lahan.

b. Membuat banyak pori atau lubang pada martabak

1. Takaran baking soda yang tepat.
Berbeda dengan cake atau roti, martabak bisa menjadi empuk dengan menambahkan baking soda.Itu sebabnya baking soda harus dibubuhkan dalam jumlah yang cukup dan waktu yang tepat.  Pada resep yang saya pakai, untuk kurang lebih 125 gr terigu, saya membubuhkan baking soda sebanyak setengah sendok teh. Tentu saja jumlah ini belum tentu sama pada setiap tempat dan kasus.  Saya sarankan untuk mencoba terlebih dulu baking soda yang dipakai dengan adonan yang digunakan. Kalau belum terjadi gelembung, jumlah baking soda bisa ditambah sedikit demi sedikit. Hati-hati menambahkan baking soda karena jika terlalu banyak baking soda, martabak akan terasa pahit.
2. Menjaga agar baking soda dapat menghasilkan gelembung yang banyak dalam adonan

Baking soda dibubuhkan setelah pengadukan adonan terakhir, sebelum masuk ke dalam loyang martabak.  Bubuhkan air sedikit terlebih dulu agar baking soda dapat melarut dengan baik dan cepat ke dalam adonan yang akan dituang. Hal ini dimaksudkan agar gelembung CO2 pada adonan baking soda tidak habis. Pastikan juga suhu pada loyang martabak sudah sesuai sehingga baking soda bisa menghasilkan gelembung yang banyak (Baking soda mulai mengeluarkan gelembung pada suhu di atas 70 derajat celcius.) Kalau api terlalu kecil, adonan mulai mengeras dan baking soda belum mulai bekerja, hal ini menyebabkan gelembung tidak dapat terbentuk pada adonan. Kalau terlalu panas, baking soda akan bekerja, tapi kulit bagian luar martabak akan cepat gosong. (lihat pada bagian penanganan api pada loyang).

 
3. Penanganan api pada loyang martabak
Pembuat martabak manis harus pandai mengatur api pada loyang martabak.  Cara paling mudah memeriksa apakah loyang sudah panas adalah dengan membubuhkan adonan sedikit pada loyang yang sudah dioles minyak atau mentega. Jika adonan sudah berbunyi mendesis, berarti loyang sudah cukup panas. Hati-hati juga jika loyang terlalu panas maka kulit martabak yang dihasilkan tidak akan bagus seperti pada gambar di bawah ini:

Kulit martabak dengan loyang terlalu panas
Cara paling mudah mengatur api adalah dengan mengatur api kompor sampai sesuai (jika di tes terdengar bunyi mendesis) jika sudah sesuai buat api stabil  dengan memasang api tidak terlalu besar dan loyang ditutup.

 

c. Penyelesaian yang tepat 

Walaupun kita sudah memiliki resep yang tepat serta martabak sudah menimbulkan gelembung pada saat dimasak, kulit martabak akan menjadi keras jikatelah dingin. Itu sebabnya para penjual martabak membubuhkan banyak margarine pada kulit martabak yang sudah selesai dibuat. Hal ini dilakukan utnuk memberi aroma yang harum dan lezat serta mencegah agar kulit martabak tidak menjadi keras dan kering.

Berbagai Variasi Kulit Martabak


Kulit martabak bisa dibuat bervariasi. Ada yang mencampurkan adonan kulit dengan bahan lain seperti kentang, ubi jalar, ubi ungu, labu kuning, tepung ketan hitam untuk variasi warna dan rasa. Martabak dari ubi  dan labu kuning akan terasa lebih lembut dan lembab, sementara dari tepung ketan hitam akan terasa lebih kenyal. 

Ada juga yang menambahkan pewarna makanan. Kita bisa menambahkan pewarna makanan alami seperti warna hijau dari daun pandan dan daun suji, warna strawberry dari ekstrak buah strawberry, warna coklat dari coklat bubuk, atau bahkan dari ubi ubian  seperti ubi ungu, ubi jalar merah, serta serbuk seperti serbuk taro atau green tea.

Martabak bergambar kupu kupu

Selain mengubah warna, ada juga yang bermain dengan tekstur kulit. Martabak bolu adalah variasi dari martabak manis yang lebih empuk karena jumlah telur yang dipakai pada martabak bolu lebih banyak. 

Kita juga bisa membuat martabak yang tebal dan lembut menjadi martabak tipis dan renyah seperti kue semprong (resep bisa dilihat di sini). Martabak ini sering disebut sebagai martabak krispi.

 

Berbagai Variasi Isi  Martabak


Jika sudah berhasil membuat kulit martabak manis anda tinggal menambahkan isi pada martabak manis tersebut. Ciri khas adonan isian pada martabak ini adalah segala benda yang bisa meleleh pada suhu panas seperti meses coklat ataupun keju quick melt. Ada rasa tersendiri jika keju atau meses tersebut dibubuhkan ke tengah kulit martabak dalam keadaan panas, rasanya berbeda dengan meses yang ada di dalam roti tawar ataupun meses yang digunakan sebagai topping pada kue pukis, juga berbeda dengan meses yang dibubuhkan di atas bolu ketika dipanggang.

Menambahkan coklat atau meses dengan pendamping lain yang sesuai

Beberapa penjual martabak bahkan menambahkan coklat toblerone ke dalam isi martabaknya. Semua coklat batang yang dijual di pasaran bisa juga menjadi alternatif bahan isian, kita bisa memilih coklat batang dengan merek yang kita sukai seperti kit kat, cadburry, dll. Jika ingin menambah lebih banyak lagi alternatif isian, kita bisa membuat banyak variasi dan menggabungkannya denagn meses atau coklat batang. Jika suka bereksperimen, mungkin kita bisa menemukan jenis martabak biasa dengan isi yang berbeda. Bahan pendamping yang cocok digabungkan dengan coklat yang meleleh sangat banyak seperti:
  • Buah segar seperti pisang, durian, nanas, strawberry, kiwi, jagung manis dll 
  • Buah buahan kering: kismis, kurma, cerry, dll
  • Coklat spread seperti nutella
  • Selai seperti peanut butter skippy atau merek lain, selai strawberry, dll. 
  • Serbuk coklat lain seperti milo atau ovaltin
  • Cereal seperti coco crunch, dll
  • Permen rasa mint, susu, dll
  • Kopi dan krim
  • Berbagai jenis biskuit yang dihancurkan seperti biskuit berkrim, crackers, oreo, biskuit marie regal, eggroll, astor, wafer, dll
  • Kacang: kacang tanah, almond, mede, hazelnut, dll
  • Berbagai jenis butter yogurt atau keju.

Martabak triple chocolate- milo crunch meses

Menambahkan keju

Mungkin kita bisa juga berkreasi membubuhkan campuran quick melt dengan keju mozarella sehingga ketika dipotong martabak tersebut ada lapisan lembut yang bisa ditarik. Dengan keju cheddar biasa, martabak juga sudah terasa enak. Kita bisa menambahkan lagi pendamping keju seperti pendamping coklat di atas atau juga tambahan lain seperti:
  • Buah segar seperti pisang, durian, nanas, strawberry, kiwi, jagung manis dll
  • Vla susu, strawberry, coklat, dll
  • Yogurt atau cream cheese
  • Green tea, berbentuk serbuk atau geen tea pada minuman instant
  • Tape singkong atau tape ketan hitam
  • Beberapa sensasi membuat martabak manis menjadi asin dengan menambahkan abon, daging cincang, bakso dan sosis, daging rendang, dll.

Menambahkan kelapa

Isian lain seperti kelapa muda atau kelapa parut dan lain-lain bisa juga ditambahkan sebagai variasi. Martabak ketan hitam kelapa adalah salah satu makanan yang biasa dijajakan di daerah Padang. Selain kelapa, kita bisa menambahkan meses atau ketan hitam.

Menambahkan berbagai serbuk minuman dengan aneka rasa

Beberapa serbuk yang lazim dipakai untuk isian adalah green tea.  Kita dapat memadukan green tea dengan keju, oreo, krim dan lain lain sebagai variasi. Kalau suka bereksperimen, mungkin kita bisa mencoba serbuk kopi, perasa bubble gum, dan serbuk minuman lain sesuai selera.


Mengganti gula pasir dengan gula palem

Untuk yang sedang mengurangi atau menghindari gula pasir, dapat juga membubuhkan gula palem pada kulit martabak sebagai rasa manis, rasanya menjadi lebih sedikit berbeda dengan gula pasir. Jika suka gula palem tersebut bisa juga ditambahkan aroma kayu manis agar lebih berempah. Kita mungkin bisa bereksperimen dengan rempah lain seperti bubuk kayu manis yang ditambahkan pala, atau jahe bubuk. Sebagai percobaan, tambahkan sedikit saja agar bau dan rasanya tidak terlalu dominan. Tambahkan juga susu bubuk atau krimer, atau mungkin vla agar aroma bumbu tidak terlalu tajam.

Resep Martabak Manis Sederhana


Banyak sekali resep martabak manis yang bisa dicoba di internet seperti martabak manis ncc, martabak rina rinso, martabak hesti, martabak irene, martabak sajian sedap, martabak bogasari, martabak jtt, dll. Kita bisa memilih mana yang kita sukai. Review resep martabak manis yang cukup populer bisa dilihat di sini.

Ini salah satu contoh resep martabak tanpa telur yang menjadi favorit di rumah (dengan kata lain: martabak vegan atau martabak vegetarian) yang ekonomis, sederhana dan cukup mudah dibuat:
  • 500 gr terigu
  • 650 cc air
  • 50 gr gula
  • 1/2 sdt garam
  • 100 cc minyak goreng (boleh diganti dengan mentega cair atau margarin cair)
  • baking soda secukupnya. Untuk saya, 3 sendok sayur adonan martabak yang akan dimasukkan dalam panggangan martabak manis, membutuhkan sepertiga sendok teh baking soda.
  • Telur (semakin banyak akan semakin empuk)
  • Kalau tidak ada telur bisa menggunakan tang zhong sebagai pengempuk(dibuat dari 25 gram terigu dan 125 gram air). Tapi sebenarnya tanpa thang zhong adonan ini sudah cukup empuk karena sudah ada minyak goreng (bisa diskip). Tentang tang zhong silahkan lihat di sini: http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/tang-zhong-bahan-pengempuk-roti-alami.html
Hasilnya seperti pada gambar: 

Martabak manis agak tipis

Martabak manis agak tebal

  Modifikasi Resep Martabak Sederhana

  • Pada resep diatas saya menggunakan gula pasir sedikit karena rasa manis diharapkan ada pada bagian isi martabak. Tapi gula pasir ini adalah komponen penting pada pembuatan martabak, jika dihilangkan, baking soda tidak dapat menghasilkan gelembung dengan baik. Jika ingin menambahkan telur, silahkan tambahkan sendiri dengan mengurangi jumlah cairan sebesar jumlah cairan pada telur yang digunakan. 
  • Cairan yang bisa dipakai adalah susu atau air biasa.
  • Kalau tidak suka menambahkan minyak goreng, bisa juga menambahkan butter cair atau margarin cair pada adonan. Bahan minyak goreng ini juga penting sebagi pengempuk adonan. Jika dihilangkan kulit martabak akan jadi keras dan alot.
  • Telur tentu saja membuat kulit martabak menjadi lebih empuk dibanding martabak tanpa telur. Tapi kalau tidak ingin menggunakan telur karena alergi atau alasan ekonomi, bisa juga dengan menambahkan adonan tang zhong atau water roux pada adonan kulit martabak. Adonan tang zhong dapat dibuat dengan menambahkan 25 gr terigu pada 125 cc air mendidih,  aduk rata campuran sampai terbentuk gumpalan, campurkan dengan adonan martabak manis.
 Beberapa resep martabak yang cukup populer ada di artikel berikut ini.

Tips untuk yang berjualan martabak

Jika baru mulai berjualan dan belum mendapat banyak pelanggan, kita bisa membuat adonan martabak dalam campuran kering yang dapat langsung dicampur dengan air di tempat berjualan. Dengan cara seperti ini diharapkan tidak ada adonan sisa yang terbuang. Caranya dengan mencampurkan adonan kering yang sudah ditakar lalu diaduk rata dan disimpan. Ambili adonan per 1 kg untuk dicampur dengan air sesuai takaran. Jika sudah ada pemesan, adonan dapat dicampur dengan larutan baking soda. 

53 komentar:

  1. terimaksh resep martabak manisnya ,sudah sy praktekkan,,dan bagus hasilnyaizin share ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak Siti, semoga bermanfaat, silahkan dishare.

      Hapus
  2. Mbak saya mau tannya kenapa adonan martabak saya menjadi asam setelah lebih dari 3 jam, gimana solusinya makasih !

    BalasHapus
  3. kalalu boleh tahu resep apa yang anda pakai? kalau resepnya menggunakan ragi kemungkinan besar asam karena ragi yang terlalu lama didiamkan atau takarannya yang terlalu banyak. Untuk menunda pertumbuhan ragi, adonan dapat disimpan dulu didaam tempat yang dingin seperti di dalam kulkas

    BalasHapus
  4. Kalau martabak sudah jadi, semua bagus, sarang2 juga bagus, tetapi warna kulit tidak merata. Beberapa bagian tidak coklat (kuning). Itu kenapa yah ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperiksa lagi mas, apakah adonan sudah tercampur rata. Gumpalan terigu atau campuran soda kue yang belum rata bisa menyebabkan kulit martabak tidak merata. Jika adonan sudah tercampur rata, periksa juga api kompor. Pastikan juga loyang martabak tempat kita menuang martabak sudah bersih, berikan sedikit minyak dan kalau perlu tepung gandum agar kulit martabak tidak lengket pada loyang. Periksa juga api. Api yang tidak merata bisa juga menyebabkan warna kulit martabak tidak merata.

      Hapus
  5. Bagaimana cara membuat martabak manis agar lembut dan empuk,apakah ada bahan rahasia.sy udh coba pakai bread emprover unipan,emulsifer SP tetep keras.resep sy tepung segitiga,gula,garam,soda,vx,kuning telur.mnt tolong penjelasanx trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahkan lemak seperti butter cair kuning telur atau minyak goreng mas. Silahkan lihat pada resep di atas

      Hapus
  6. Bagaimana cara membuat martabak manis agar lembut dan empuk,apakah ada bahan rahasia.sy udh coba pakai bread emprover unipan,emulsifer SP tetep keras.resep sy tepung segitiga,gula,garam,soda,vx,kuning telur.mnt tolong penjelasanx trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini resep martabak sederhana yang saya copy paste:

      500 gr terigu
      650 cc air
      50 gr gula
      1/2 sdt garam
      100 cc minyak goreng (boleh diganti dengan mentega cair atau margarin cair)
      baking soda secukupnya. Untuk saya, 3 sendok sayur adonan martabak yang akan dimasukkan dalam panggangan martabak manis, membutuhkan sepertiga sendok teh baking soda.
      Telur (semakin banyak akan semakin empuk)
      Kalau tidak ada telur bisa menggunakan tang zhong sebagai pengempuk(dibuat dari 25 gram terigu dan 125 gram air). tentang tang zhong silahkan lihat di sini: http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/tang-zhong-bahan-pengempuk-roti-alami.html

      Hapus
    2. nah jd penasaran nih sama "tang zhong" bru denger maklum taux hny tang potong aj hehe.pengen sy praktekin mudah2an bisa empuk n lembut martabak manisx.sy jg udh pernah nyobain ditambahin kanji,maezena,hunkue tapi tetep aj keras kl sdh dingin.saking frustasix sy cb memberanikan diri tny ke dagang martabak holland,sy tny mas apa resepx martabak manisx,dgn santai si pedagang bilang oh cuma pakai tepung aj sm air mas.semakin kesel n jengkel denger jawabanx.tp dgn usaha n mau belajar alhamdulillah berhasil jg,skrg tinggal tahap penyempurnaan aj biar hasilx sama seperti martabak manis holland.mudah2an sy segera menemukan rahasiax "amien"

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Mbak, saya ingin buat martabak manis ini bebas dari bahan kimia.. Kl bahan baking soda diskip bisa tidak ya? Apakah hasilnya masih bisa bagus mengembang dan berongga-rongga? Sebagai gantinya apakah bisa ditambah bahan telurnya.. Kl bisa, apakah hal ini bisa dilakukan pada semua resep roti yg menggunakan baking soda, baking powder ataupun ragi? (diganti telur)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudari Firda, saya menggolongkan baking soda sebagai senyawa yang tidak berbahaya karena baking soda adalah senyawa garam natrium bikarbonat. Silahkan lihat di : http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/08/baking-soda-senyawa-serba-guna.html. Itu sebabnya saya masih menggunakan baking soda di rumah. Cukup pastikan kalau baking soda yang digunakan adalah baking soda food grade (untuk dikonsumsi) dan terbuat dari bahan yang halal. Bahan pengembang alami lain yang saya ketahui adalah ragi dan putih telur. Kalau mau membuat kue tanpa ragi dan baking soda, mungkin bisa bereksperimen denagn putih telur. Tapi pasti ada perbedaan dari rasa dan teksturnya.

      Hapus
    2. mau tanya ,kalo baking soda di campurkan lgs dengan adonan, brp lama bisa tahan pengembangan nya?apa sebaik nya harus mendadak di campurkan ke adonan saat mau di taruh di teflon(komposisi nya berapa) , atau ga apa2 di satukan saat pembuatan adonan semua ,jd tinggal langsung diolah menjadi martabak?

      Hapus
  9. Mau tanya ne mbak,,, aku mau jualan martabak mbak,tapi kenapa adonan tepung gk bisa tahan lama mbak??? Minta resep adonan agar tahan 5 jam mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh belum pernah mengalaminya mas, tapi mungkin bisa dibagi saja bikinnya dalam jumlah lebih kecil, misalnya kalau 5 jam menghabiskan 5 kg adonan, buat utnuk 1 kilo dulu di jam pertama, sisanya sudah disiapkan dalam keadaan kering sehingga tinggal ditambahkan air dan adonan kering saja. Ini bisa untuk martabak tanpa ragi karena tidak perlu menunggu untuk mengembang dulu.

      Hapus
  10. saya mau tanya, kenapa adonan martabak saya tidak ad wanginya yah .. terus untuk rasa sama seperti roti. apa ada yg salah dgn resep saya? resep saya terugu, gula, baking powder, susu, telur, soda kue, dan ragi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rasanya sama seperti roti, ada kemungkinan karena pengaruh ragi. Kalau mau wangi mungkin bisa ditambahkan vanili. Kalau tidak mau bau ragi, sialhkan coba resep martabak yang tidak menggunakan ragi

      Hapus
  11. Jd pnasaran coba resep diatas
    Hasil terakhir buat dgn resep yg bnyak beredar di internet masih blm maksimal. Trang bulan holland empuk kenyak dan wangi, kira2 apa yg mmbuat empuk kenyal dan wangi?
    Apa ada campuran bahan roti yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak...tapi resep saya ini resep sederhana untuk snack anak anak di rumah saja.. jadi bukan yang levelnya kelas bakery terkenal... hehehe. tapi kalau mau jadi kelas bakery terkenal kurang lebih komposisi bahannya sama, tinggal menambahkan telur dan mengganti minyak goreng dengan butter cair.

      Kemunngkinan besar yang bikin empuk dan wangi itu kandungan lemak butternya...

      Hapus
    2. Jd jika ikut resep diatas, butter yg diperlukan sgt bnyak sekitar 100gr ya?
      Resep diatas tidak pakai baking powder double acting, jd apa tdk ada waktu pendiaman? Dan baking soda dicampur ketika sebelum dituang ke loyang?

      Hapus
    3. betul..kalau saya menggunakan minyak cair dan beberapa sendok makan butter cair saja, sudah cukup sebagai aroma, itu tergantung selera masing masing. kkta tidak perlu menggunakan double acting baking powder karena bahan pengembang baking soda dapat dicampurkan pada saat terakhir sebelum adonan masuk ke dalam loyang martabak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

      Hapus
  12. Kalau saya sendiri yang bikin berhasil atau tidaknya dari cara adukan bahan2 nya,

    BalasHapus
  13. Kalau saya sendiri yang bikin berhasil atau tidaknya dari cara adukan bahan2 nya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok terimakasih atas infonya.. apakah bisa dijelaskan lebih mendetil bagaimana cara mengaduk adonan yang tepat? terimakasih sebelumnya...

      Hapus
  14. Menarik komentar2nya, saya sendiri masih terus belajar membuat martabak manis, masih 2 diantara 10x coba, belum menemukan yang bisa di lock diantara, resep, cara kocok adonan, pengaturan api kompor, padahal pengennya segera bisa lock resep :(

    BalasHapus
  15. Correct: maksutnya masih 2 yang (lumayan) berhasil dari 10x coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berhasil.. kalau mau mencoba resep yang konsisten memang banyak yang perlu diperhatikan seperti takaran, merek bahan dan kualitas, suhu ruangan, alat yang dipakai, waktu pembuatan, suhu pemanggangan di loyang, dll.

      Hapus
  16. Maaf sis,. Cara bikin adonan kering nya gmn sis,. Telur nya apa langsung di campur di adonan kering nya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur bisa belakangan ditambahkan karena kalau sudah menambahkan telur adonan harus langsung dimasak untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang ada dalam telur. telur dimasukkan bersama sama adonan basah yaitu air dan mentega cair bersama baking soda yang sudah dicairkan terlebih dahulu

      Hapus
  17. Terima kasih banyak artikelnya mba,, sangat lengkap dan bermanfaat 😊

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. SAYA MENYEDIAKAN BERBAGAI UKURAN VARIATIF LOYANG MARTABAK MANIS,
    Harga sesuai ukuran :

    ukuran 12 cm = Rp.32.000
    ukuran 14 cm = Rp.34.000
    ukuran 16 cm = Rp.36.000
    ukuran 18 cm = Rp 38.000
    ukuran 20 cm = Rp 45.000
    ukuran 22 cm = Rp 46.000
    ukuran 24 cm = Rp 55.000
    ukuran 26 cm = Rp 95.000
    ukuran 28 cm = Rp 140.000

    Bahan : Baja / Cast Iron

    Tanpa TUTUP (Hanya cetakan saja)
    Harga belum termasuk ongkir, wilayah jogja solo boyolali bebas ongkir (minimal order 20 pcs). hub. 081212679183

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. gk percaya sila telpon. Sesama manusia saling tolong menolong. Rahasianya ada pada pendiaman adonan selama 6 jam, bukan 30 menit.

    Saya mencoba lebih dr 50 kali, setiap hr bikin martabak manis, sudah 3 bln bikinnya, br berhasil kayk d pinggir jln.
    Prinsip martabak manis adalah semakin lama adonan semakin bagus mngembangnya, tp jgn mendiamkan adonan smpai 15 jam, bisa rasa asam.

    BalasHapus
  22. Mbak klo martabak mini tanpa ragi hasilnya gimana ya ? apa lebih enak atau gimna ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. BIsa saja denagn menggunakan baking soda. Kalau rasa sesuai selera. Asal takarannya pas keduanya bisa terasa enak kok. Kalau terlalu banyak baking soda terasa pahit kalau kebanyakan ragi akan terasa asam. Tapi ada juga yang kurang suka denagn aroma ragi walaupun tidak terasa asam. Kalau martabak yang dijual sepertinya lebih suka menggunakan baking soda karena lebih praktis.

      Hapus
  23. terimakasih... ini jawaban kenapa martabak saya selalu seperti pancake.. btw kalau tetap dibikin pakai happy call, bisa berhasil nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf saya belum pernah mencobanya. Kalau di keterangan Happy Callnya sepertinya bisa ya..

      Hapus
  24. Pernah bikin martabak yg pake ragi + baking powder, jadinya kayak makan roti, ngak berserat sama sekali, klo ngembang sih iya, cuma rasanya itu kayak roti + bau raginya tajam banget, sampai pusing cium baunya jd ngak selera deh makan martabak nya.
    Kira-kira apa solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau martabak Bandung tidak menggunakan ragi, hanya baking soda. Kalau adanya baking powder bisa aja tapi jumlahnnya lebih banyak dari baking soda, mungkin 3 kali nya, tergantung kadar baking sodanya. Agar mengembang sempurna, adonan diberi bakin soda setiap mau dimasak saja. Pastikan juga pan memasak martabak sudah sangat panas sehingga ketika adonan dimasukkan mulai terbentuk gelembung udara.

      Hapus
  25. Saya mau tanya nih.untuk jualan kan misal penambahan baking soda hanya setiap akan di masak saja!!nah kalo misal baking soda di campur langsung dengan adonan.misal setengah kilo adonan sudah di campur dengan baking powder...misal setengah kilo itu untuk jualan misal menghabiskan waktu 3 sampe 5 jam.nah kalo gitu adonannya berpengaruh gak sama hasilnya.makasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dicampur kering sepertinya tidak apa apa. Kalau dicampur air takutnya bereaksi dengan air. Apalagi kalau menggunakan baking powder. Baking powder mudah bereaksi dengan air dibanding baking soda.

      Hapus
  26. Selamat siang,, saya sudah 5x bikin martabak. Ketika saya pake ragi kok matangnya lama trus kulitnya jadi gospng? Trus ketika tanpa ragi matangnya cepat dan gak terlalu gosong. Namun teksturnya lebih enak pake ragi. Mohon kalau ada solusi. Terima kasih

    BalasHapus
  27. Selamat siang,, saya sudah 5x bikin martabak. Ketika saya pake ragi kok matangnya lama trus kulitnya jadi gospng? Trus ketika tanpa ragi matangnya cepat dan gak terlalu gosong. Namun teksturnya lebih enak pake ragi. Mohon kalau ada solusi. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya perlu cek resep dan takaran, terutama perbandingan air dan terigu. Kalau pas, tanpa ragi juga bisa bagus. Martabak terang bulan Bandung setahu saya tidak pakai ragi.. pakainya baking soda atau soda kue saja. Asal takarannya tepat dan dimasukkan dengan air agar rata sebelum dimasak, insya Allah hasilnya akan bagus, biar lebih lembut biasanya ditambahkan telur sehingga tetap empuk walaupun sudah dingin.
      Kulit luar gosong dan matangnya lama kemungkinan banyak,bisa dari bahan cair yang terlalu banyak sehingga matangnya lama dan bagian dalam matang tapi luar keburu gosong, tipsnya kecilkan api agar kulit luar tidak gosong.

      Hapus
  28. Selamat sore.. Saya sudah buat martabak beberapa kali tapi tidak mengembang. Apakah itu pengaruh tidak pakek baking soda apa ? Mohon penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baking soda adalah salah satu bahan yang dapat membuat martabak menjadi berpori sehingga teksturnya lebih empuk. Selain baking soda, ada juga yang memanfaatkan ragi sebagai pengembang atau putih telur yang dikocok kaku. tapi pada umumnya resep martabak menggunakan baking soda. Untuk mengetahui sebab tidak mengembang kita harus memeriksa resep yang digunakan, cara membuat dan alat. Ada juga ynag menggunakan baking soda tapi tetap tidak mengembang karena metoda pembuatan yang kurang tepat.

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake baking soda saja saat mau memasak adonan apa adonan tdk perlu didiamkan sebelumnya

      Hapus
    2. Jangan, baking soda harus langsung dipakai kalau tidak dia tidak akan bekerja, berbeda dengan ragi yang harus didiamkan sebelumnya

      Hapus