Kamis, 26 April 2012

Manfaat Kacang dan Cara Mengolah Kacang Untuk Sambal Pecel


Kacang tanah sudah digoreng, siap untuk diproses lebih lanjut
Kacang tanah adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Referensi: 5-manfaat-kacang-tanah-untuk-kesehatan.html,
  1. Kacang tanah dikenal sebagai lemak baik yang menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, karena kandungan resveratrol.
  2. Bermanfaat bagi kelancaran fungsi tubuh, karena mengandung folat niasin, mangan, protein, serta vitamin E yang melimpah.
  3. Sangat baik untuk kelancaran fungsi usus, karena mengadung serat.
  4. Membantu menurunkan risiko kanker usus besar dan pembentukan batu empedu.
  5. Mengandung limpahan kalsium dan vitamin D, yang dapat membnatu menjaga kesehatan tulang dan gigi. dan dalam jangka panjang mencegah serangan osteoporosis.

Referensi: ini-dia-beragam-manfaat-kacang-untuk-tubuh.

Seperti yang dikutip dari Times of India, kacang tanah merupakan sumber vitamnin E, niacin float, mangan dan protein yang membantu kelancaran fungsi tubuh.

Resveratrol, zat anti-oksidan yang biasanya ditemukan pada buah anggur, ternyata juga bisa didapati di kacang tanah. Zat ini berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan termasuk kacang tanah merupakan solusi tepat bagi para pria maupun wanita yang ingin melakukan diet. Serat yang dikandungnya sangat baik untuk memaksimalkan fungsi perut dan pencernaan. Selain berguna untuk diet, memakan kacang tanah secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar serta pembentukan batu empedu.

Ingin memiliki gigi dan tulang yang kuat? kacang tanahlah jawabannya. Kalsium dan vitamin D yang etrkandung di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi bahkan bisa membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Ada berbagai cara untuk memakan kacang antara lain, kacang tanah direbus, dimakan bersama sama bandrek atau bajigur, diolah menjadi teman lauk seperti teri kacang, sambal kacang, sambal pecel, dll, atau juga diolah menjadi kue seperti roti isi kacang tanah, kue kering kacang tanah, coklat chip kacang, martabak manis, dll atau sebagai pelengkap asinan dan rujak.

Sambal pecel adalah makanan sederhana yang cukup cepat disajikan beserta sayur mayur. Sayur mayur dan kacang sangat bermanfaat bagi tubuh kita baik dewasa dan anak anak. Sambal pecel bisa disajikan dengan kerupuk, tahu dan telur sebagai protein tambahan. Variasi dari sambal pecel juga beragam, ada sambal pecel, karedok, lotek, gado gado jakarta, gado gado padang, dll.

Lotek dengan bumbu kacang giling


Ada beberapa teknik untuk membuat sambal pecel. Berikut ini beberapa cara yang saya ketahui:
  • Bumbu Sambal Pecel Siap Saji
    Beli sambal pecel siap saji di toko. Larutkan sambal pecel dengan sedikit air panas, setelah itu sambal siap disajikan. Sambal pecel yang siap saji biasanya sangat kering, aroma dan minyak kacang cenderung tidak terasa.
  • Bumbu Sambal Pecel dari Kacang Tumbuk
    Kacang yang sudah digoreng, disangrai atau dipanggang ditiriskan. Tumbuk kacang selagi hangat agar lebih mudah hancur.Cara ini agak memakan waktu tapi hasilnya cukup memuaskan jika kacang dapat ditumbuk denagn halus. Namun cara ini kurang cocok untuk membuat sambal kacang dalam jumlah yang banyak.
  • Bumbu Sambal Pecel dari Kacang yang Diblender
    Kacang goreng dihancurkan dengan blender penggiling bumbu kering, tumbuk sebentar dengan bumbu-bumbu, beri air, sajikan. Sayangnya dengan cara ini aroma dan minyak kacang kurang terasa. Kacang yagn diblender lebih cocok digunakan sebagai bahan untuk  membuat kue kering.
  • Bumbu Sambal Pecel Dengan Gilingan Kopi
    Goreng kacang tanah dengan minyak. Kemudian giling kacang tersebut dengan gilingan kopi, campur dengan bumbu yang sudah dimasak, campur dengan gula dan air, sambal pecel siap disajikan. Hasilnya sangat mantap, minyak kacang keluar dan aroma kacang cukup menggugah selera.
Catatan: jika tidak suka kacang yang terlalu berminyak, kacang bisa dipanggang dalam oven, bukan digoreng.

Bumbu sambal pecel sanagt beragam, ada yang suka menambahkan gula merah dan bawang putih saja, ada yang suka dengan terasi, kenur, daun jeruk purut bahkan menambahkan jahe. Silahkan bereksperimen dengan aneka bumbu dan pilih sendiri yang anda sukai.


Gilingan kopi siap untuk menggiling kacang tanah

 Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar