Minggu, 19 Oktober 2014

Membuat Minyak Kelapa (Minyak Kletik)

Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa banyak sekali manfaatnya antara lain sebagai obat kulit (dicampurkan dengan belerang dan kunyit), obat penurun panas dan mengurangi kembung pada bayi (dicampurkan dengan bawang merah) mengurangi kering pada kulit, menambah nutrisi rambut, menambah nutrisi dalam tubuh, dll. Kita dapat membuat sendiri minyak kelapa di rumah. Sayangnya minyak kelapa membutuhkan proses pembuatan yang sangat lama, sehingga menghabiskan waktu dan energi yang banyak. 

Tips Memilih Kelapa

  • Kelapa hijau lebih banyak manfaatnya jika digunakan untuk pengobatan dan perawatan dibandingkan kelapa merah (namun untuk membuat rendang atau belendo) lebih baik memakai kelapa merah cenderung hitam untuk menghasilkan dedak yang gelap.
  • Pilih kelapa yang tua, yang mengandung minyak cukup banyak. Kelapa yang keras dan berwarna hitam sangat cocok dijadikan minyak kelapa karena sudah mengandung banyak minyak.

Tips Agar Tidak Terlalu Lama

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar waktu memasak minyak kelapa tidak terlalu lama antara lain:

  • Peras kelapa beberapa kali agar mendapatkan santan yang banyak.
  • santan kental diperoleh dengan memeras santan 2 kali
  • Gunakan santan kental saja agar proses memasak menjadi tidak terlalu lama. Caranya, diamkan santan yang sudah diperas beberapa lama, lalu ambil bagian putih yang berada di atas cairan santan
  • Rebus santan dengan api kecil. Jika mulai terbentuk gumpalan coklat (belendo), aduk aduk minyak dan kecilkan api agar minyak tidak menguap Belendo dapat dimakan begitu saja, dicampur dengan cabe dan bawang putih dan dimakan dengan sayur, atau menjadi campuran dalam masakan yang bersantan seperti rendang.

Hasil

Biasanya dengan menggunakan 2 butir kelapa tua yang besar, minyak yang dihasilkan kurang lebih sekitar 200 cc saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar