Minggu, 12 April 2015

Cara Membersihkan Ayam


Ayam yang baru dibeli dari pasar
Kita patut bersyukur karena di zaman sekarang, sudah banyak yang menjual ayam yang siap dikonsumsi sehingga tidak perlu menyembelih ayam terlebih dahulu dan menyiangi bulu ayam. Ayam yang biasa kita beli di pasar biasanya sudah siap untuk diolah dan tidak terlalu menghabiskan waktu yang laam untuk menyiapkannya. Namun kita perlu mengetahui cara membersihkan ayam agar ayam yang kita olah dan akan kita makan benar benar bersih dan halal untuk dimakan. Seorang muslim perlu menjaga kehalalan makanan yang akan dimakan.

 
Sebelum membeli ayam, pastikan terlebih dahulu kalau ayam yang kita beli adalah ayam sembelihan, bukan ayang yang dibunuh dengan cara ditusuk lehernya. Kita dapat mengetahui dari leher ayang. Syarat penyembelihan ayam adalah ada paling sedikit 3 urat yang terputus dari lehernya.


Walaupun ayam yang sudah kita beli di pasar sudah dibuang bulunya, tidak menjamin ayam ini sudah siap untuk diolah karena jika kita perhatikan satu persatu masih banyak bagian lain yang perlu dbersihkan seperti bagian bulu di sekitar pipi ayam, sayap, dll. Serta ada beberapa bagian yang harus dibuang karena mengandung banyak kotoran.

Buanglah bagian kulit kaki ayam yang berwarna kuningm sampai betul betul bersih. Potong seluruh bagian cakar ayam.
 

 
Buang juga bagian lidah dan paruh ayam di bagian kepala.

Bersihkan juga bagian ampela ayam.

Ampela hati dan jantung ayam yang belum dibersihkan
Belah bagian ampela yang berwarna bulat. Buang isinya dan cuci sampai betul betul bersih. Jika masih ada warna kekuningan jangan lupa untuk mengerik atau menggosoknya sampai bersih. Buang juga lemak lemak yang menempel di bagian hati ampela serta urat urat yang tidak bisa dimakan.

Ampela yang sudah dibelah dan belum dibersihkan
Bersihkan darah kotor yang biasanya terdapat pada jantung ayam dengan cara menekan bagian pembuluh darah.


Darah kehitaman pada jantung ayam

Jika terasa masih ada darah dan sulit unutk dikeluarkan, belah bagian tengah jantung dan buang darah yang berwarna kehitaman.

Jantung setelah dibelah


Bagian jantung dan ampela yang sudah dibersihkan
Potong ayam sesuai selera. Bisa dipotong menjadi 6 bagian, 8m bagian, dll. Perhatikan cara memotong ayam. Potongan paling baik jika melewati daerah tulang rawan. Bagian ini tidak sulit untuk dipotong dan tidak meninggalkan serpihan potongan tulang keras.


Paha ayam bagian bawah dan atas dipotong melewati bagian tulang rawan


Perhatikan bagian pantat ayam. 

Bagian pantat yang masih mengandung bulu ayam dan belum dibersihkan
Buang bagian tengah yang mengandung lemak kekuningan berbentuk bulat.
 
Balik bagian pantat ayam. Kita akan menemukan saluran pembuangan ayam atau kloaka ayam

 Kloaka ayam berbentuk bulat berada di bagian belakang pantat ayam.

Kloaka ayam belum dibuang
 Potong dan buang bagian kloaka ayam .

Setelah membersihkan bagian bagian di atas kita tingal memeriksa ulang bagian lain yang masih mengandung bulu ayam.Biasanya sisa bulu ayam terdapat di bagian pipi ayam sayap, dan bagian kulit lainnya. Buang juga lemak lemak dan urat urat yang masih menempel pada ayam.

Cuci bersih ayam yang sudah disiapkan dengan air yang mengalir agar betul betul bersih dan suci dari najis dan kotoran. Untuk menghindari bau amis pada ayam kita dapat memasukkan ayam dalam air yang sudah mendidih dan merebusnya denagn garam sebentar saja. (Kurang lebih 5 menit).

22 komentar:

  1. sangat bermanfaat untuk orang yang awam dengan urusan dapur. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini.

      Hapus
  2. selamat sore mba, mau tanya
    jika daging ayam fillet mau digoreng, setelah membeli daging di pasar, apakah harus dibersihkan dengan cara direbus dengan air garam selama 5 menit ? atau cukup dicuci dengan air mengalir saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran, kalau mau digoreng, setelah dicuci, lebih enak dimarinated (rendam dengan bumbu sesuai selera dan garam) kurang lebih 10 menit, baru bisa digoreng atau dicelup ke dalam campuran tepung bumbu dan telur. Kalau ayam utuh mentah yang mengandung banyak lemak dan kulit biasanya direbus 5 menit untuk menghilangkan baunya.

      Hapus
  3. terima kasih infonya..sangat membantu utk saya yg masih awam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  4. Jadi tahu caranya terimakasih ya artikel ini sangat bermanfaat bagi saya yang awam cara memotong ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak apresiasinya ya.. kalau diperlukan bisa dicoba

      Hapus
  5. Kelihatan sepele ya ,ah masa bersihin ayam aja gak bisa, namun semua ada ilmunya ..thanks sudah berbagi tips dan ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak apresiasinya ya.. saya dulu nggak bisa bersihin ayam

      Hapus
  6. Perlu teknik tersendiri memang sih yaa .. jangan sampai ngotot memotong ayam pada bagian tulang kerasnya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jadinya berantakan.. Makasih banyak apresiasinya ya

      Hapus
  7. Biasanya saya beli ayam yang sudah dibersihkan bulunya. Tapi saya juga bersihkan lagi bulu-bulu yang masih tersisa. Satu kendala bagi saya adalah tentang cara memotong ayam. Saya suka kesulitan memotongnya bahkan kadang sampai hancur dagingnya. Setelah baca tulisan ini saya jadi tahu teknik memotong daging ayam yang benar. Makasih ya mbak atas tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak apresiasinya ya, saya juga masih belajar

      Hapus
  8. Sebagai perempuan yang masih jarang ngurusin urisan masak memasak termasuk memasak ayam, sangat bermanfaat mba artikelnya. Saya biasanya beli ayam hanya bagian daging2nya saja, karena jarang beli kepala atau cekernya, jadi tahu cara bersihinnya hanya bagian dada atau dahing2nya saja, ga pernah bersihin ceker atau kepala, jadi tahu sekarang caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak apresiasinya ya, kalau dada lebih enak mengolahnya

      Hapus
  9. Makasih mba tipsnya bermanfaat sekali buat saya. Biasanya ayam yang dibeli sudah dipotong-potong, lalu cuma saya cuci aja. Ternyata ada bagian-bagian lemak yang harus dibuang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang lemak di ayam bikin bau amis kecuali kalau nyembelih dan nyimpannya bagus

      Hapus
  10. Sampai sekarang saya belum pandai membersihkan ayam, masih lebih mudah membersihkan ikan sepertinya. Butuh teknik untuk membersihkan ayam ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sulit di bagian sendi biar tidak berserpih

      Hapus
  11. Makasih tipsnya, Mbak. Ini bermanfaat banget apalagi dilengkapi foto step by step soalanya aku belum pandai membersihkan dan memotong ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau lagi kepepet harus bersihkan sendiri

      Hapus