Rabu, 18 Januari 2023

Suka Duka Membuat Bekal Bento Lucu

 

"Bu aku mau bikin bekal dong, tapi yang lucu lucu gitu bentuknyaa", itu kata anak saya yang berusia 9 tahun. Kalau ibu nggak mau bikinin nggak apa apa, aku mau coba bikn sendiri". Anak anak kalau sudah punya keinginan, ya begitu lah, gigiiih. Saya pribadi sebenernya malas membaut bekal yang cakep- cakep.. terpikir kalau bikinnya sulit, lama padahal makannya cuma sebentar aja.. sepertinya antara hasil dan usaha tidak sepadan.. tapi demi menyenangkan si kecil, akhirnya saya mencoba juga. Bekal roti kelinci di atas dibuat oleh anak saya. Roti isi keju yang dibentuk  kelinci denan aneka sayuran di sebelahnya. Roti bun ini adalah roti sisa yang jadi kudapan di hari sebelumnya. Semua bentuk dibuat dengan tangan, tanpa cetakan termasuk bagian Nori. coba saja dilihat, bentuk hatinya masih kaku, bergierigi dan kasar. Jauh banget dari yang biasa dilihat di Pinterest. Tidak apa apa.. Yang penting dia senang membuatnya sendiri.

Yang bentuk anak ayam ini saya yang coba membuatnya. Berseluncur di internet berjam jam hanya utnuk membuat ini.. hasilnya.. ya begitulah.. ternyata suliiiit. Mulai dari memotong benda benda kecil seperti mata, paruh dan jambul.. aduh hampir nangis dulu bikinnya.. akhirnya pasrah.. kesempurnaan jadi prioritas ke 2.. yang penting jadi dulu, cari pengalaman dulu.. Apalagi bahannya sederhana, saya buat jambul dari potongan tomat dan paruh dari cabe, warnanya sama sama merah. Padahal  kalau dari kombinasi warna, paruh sebaiknya berwarna kuning dari jagung manis, sehingga hasilnya lebih penuh warna. Anak ayam dari telur puyuh ini diletakkan di atas donat keju yang memang makanan kesukaan anak saya. Enggak apa apa, yang penting tidak mubazir, begitu kata saya menghibur diri. Kalau sayuran di sebelahnya memang cuma pelengkap biar lucu. Tapi hasilnya kurang maksimal karena buah naga yang dibentuk bulat terlihat luntur ke atas labu kukusnya..

 
Nah kalau ini ceritanya mau bentuk bayi.. tapi kenapa sudah jadinya saya seperti melihat mayat ya.. ? aduh aduuh, anak saya malah bilang ini tentara kok pake selimut bayi bu.. padahal ini sudah coba nyontek dari Pinterest juga lho.. Ya sudahlah yang penting bekal ini dihabiskan oleh anak saya dengan lahap. 


 

Bekal panda ini kembali anak saya yang buat.. sama, inspirasinya dari Pinterest dan Google. tapi masih jauuh banget dari yang diharapkan. Kami memang memotong manual semuanya tanpa cetakan, jadi hasil potongannya agak kasar. Karena tidak ada nori, utnuk membuat mata dan telinga kami memakai coklat cair. Tau kan, kalau coklat cair nempel ke roti bisa mbleber ke mana mana, jadi berantakaaan.. Kalau lubang di celana memang dicetak pakai sedotan yang keras, jadi lumayan..
Kalau yang di contoh, sepertinya mereka memakai cetakan dan pemotong khusus, makanya bisa rapi. Bayangkan, ini semua kamu potong secara manual dengan waktu cukup lama, tapi hasilnya berantakan.. dalam hati saya mengeluh juga.. tapi sekali lagi menghibur.. biarlah, ini belajar kesabaran.


Kalau ini sekali lagi menunya donat keju, dikasih hiasan biskuit coklat dan keju slice yang diiris. Tidak pakai cetakan lagi, kecuali bentuk hati pakai cetakan karena kebetulan ada cetakan kue kering berbentuk hati.


 
Ini nasi goreng yang dibentuk, maunya seperti burung hantu.. tapi jadinya ya beginilah.. kuping dan sayap dari tomat, kaki dan paruh dari wortel, warna nasinya juga coklat.. betul betul tidak ada kombinasi warna yang tepat, kesannya membosankan kalau menurut saya.. beruntung ada warna kuningsedikit dari telur dadar dan jagung jadi agak meriah. Semua lagi lagi manual, lihatlah geriginya.. 



Kalau landak ini yang bikin anak saya.. rajin sekali dia.. Ini roti coklat berbentuk landak. Durinya dipotong manual denagn tangan... bayangkan, sulit dan lama sekaliiii.. tapi dari semua bekal di atas, ini yang paling cantik bentuknya..


9 komentar:

  1. Tapi kak meski beberapa bentuknya berbeda dari contekan dari Pinterest tetap saja lebih cantik dari buatan saya.
    Dulu saat si sulung masih playgroup saya suka sekali bikinin dia bento ala-ala
    Saya gak peduli bentuknya tapi yang bikin sedih kadang si sulung malah nukerin bento bekalnya sama lontong bekal anak lain. Wkwkwk
    Saya mau bilang apa coba.. Pas dapet cerita itu dari gurunya.
    Mhhhh

    BalasHapus
  2. Mba nya rajin sekali ya.
    Saya juga termasuk yang ngebekalin anak kalo ke sekolah.
    Tapi biasanya snack bkn makanan berat.
    Pengen gitu dibentuk bentuk lucu ala bento.
    Tapi saya bukan orang yang sabar dan telaten hiks.
    Bekel ala bento cuma khayalan aja

    BalasHapus
  3. Aih lucu banget semuanya... Ini kalau saya bikin, rasanya gak rela kalau dimakan. Bisa rusak hiasan nya. Hehehe...
    Kan merasa sayang banget udah lelah bikin, (secara saya gak bisa sama sekali) jadi butuh effort gede untuk menyelesaikan bento cantik ini. Sayang kan kalau dimakan? Tapi gak mungkin juga cuma ditatap saja ya... Mubadzirr... Hehehe

    BalasHapus
  4. Ya ampun kreatif amat bun. Anak² hepi dan lahap pasti klo bekelnya lucu². Hrs bnyk waktu tuk nyiapin ky gini klo belum ahli

    BalasHapus
  5. Waaaaa kereeeen. Itu japitinnya pake pinset ya Mba? Duh kalo bikin begini harus bangun jam berapa aku? ha ha ha....alat ada, buku bento tersedia, eksekusi nom, eh itu saya lo ha ha....cantik mbaaa

    BalasHapus
  6. Lucu bangeett hihi, Isya kalo dibikinin kek gini paling udah kegirangan nih diaa hahaha.. lovee banget sama bentuknya, komposisinya jugaa

    BalasHapus
  7. Wah Ibu pandai sekali membuat hiasan bekalnya. Dulu saat saya masih sekolah Bunda sering membuatkan saya bekal seperti ini juga tapi dari kue pao yang dibelinya.

    BalasHapus
  8. Wih lucu-lucu bentuknya... Kalau aku nggak sanggup kayaknya buat yang kayak gitu. Yang penting udah masak, tinggal makan. Hehehe...(Zen)

    BalasHapus
  9. Saya suka liat bekal bento kek gini
    Pernah coba bikin, tapi gagal.
    Gak telaten dan gak sabaran saya...
    Deuhh

    BalasHapus