Selasa, 08 November 2022

Tiga Resep Parfait Buah Sederhana

Parfait berasal dari Perancis dengan resep tertua yang ditemukan sekitar tahun 1894. Arti kata "Parfait " dalam bahasa Perancis adalah sempurna, "Perfect" dalam Inggris. Mungkin hidangan ini dianggap sempurna untuk hidangan cuci mulit atau 'dessert'.  Parfait yang asli terbuat dari telur, cream, susu, sirup alkohol dan tepung custard. Kurang lebih mungkin seperti Diplomat cream yang terbuat dari vla dan whip cream. Di Amerika dan Canada parfait terbuat dari Yogurt, tanpa cream dan alkohol.  Yogurt dilapis dengan buah buahan, kacang, es krim dan granola sesuai selera. Pastinya lebih sehat daripada hanya susu cream dan telur saja. Ada yogurt parfait, fruit parfait dan Vegan parfait.

Terinspirasi dari beberapa variasi parfait yang ada di Internet, saya mencoba membuat parfait sendiri denagn bahan yang ada di rumah.  Untuk Vla saya memakai resep Vla custard yang biasa saya pakai untuk membuat isian kue sus. Bedanya, saya menambahkan lebih banyak cairan agar terasa lebih ringan dan lembut teksturnya.  

Pelengkap lainnya saya buat seadanya.  Saya tambahkan biskuit yang dihancurkan, buah strawberry kiwi dan jeruk mandarin. Saya tambahkan juga minuman serbuk matcha yang dilarutkan dengan sedikit air. Buah dan vla saya susun berlapis. Jadi urutannya: biskuit, vla, buah, vla, sampai mencapai bagian atas gelas. Untuk topping karena sedang ada es krim saya tambahkan es krim. Jadilah Parfait Matcha ala ala saya.

Parfait Matcha Buah

Resep kedua masih sama seperti yang pertama. Karena sedang banyak strawberry, buah itu saja yang saya pakai. Untuk mengurangi rasa asam, strawberry saya lumuri dengan gula halus. Saya tambahkan biskuit coklat yang rasa coklatnya 'dense' (dark chocolate) sebagai aksen. Jadilah Parfait strawberry coklat

Parfait strawberry coklat

Resep ketiga, saya  memakai Yogurt kental alias Greek Yogurt denagn rasa plain. Sebagai lapisan saya memakai buah dan puding kemasan. Masak puding sesuai petunjuk pada kemasan, tuang pada lapisan bawah. Tunggu lapisan mengeras. Tuang bagian atas dengan yogurt kental yang sudah dicampur buah, gula atau madu sesuai selera. Tambahkan kembali larutan puding di atasnya. Tunggu dingin, hias dengan topping.

Saya memakai nata de coco, biskuit dan buah strawberry untuk topping.

6 komentar:

  1. Parfait ini termasuk yang paling mudah dibuat ya, gak perlu dimasak tinggal taruh buah dan yogurt jadi deh, saya pernah buat parfait dari buah naga rasanya unik juga

    BalasHapus
  2. Menggoda sekali nih mbak, pasti seger yak. Diantara ke3 hidangan ini , aku lebih tertarik hidangan yg pertama karena selain strawberry ada kiwi dan jeruk mandarinnya plus ada es creamnya lagi.

    BalasHapus
  3. parfait hmm baru ngerti namanya, selama ini tinggal makan aja wkwkwk, ternyata buatnya ga rumit ya, tinggal mixing aja

    BalasHapus
  4. Baru tahu perihal parfait. Selalu ada ilmu baru tentang kuliner dan beragam resep yang menarik dari blog ini :)

    BalasHapus
  5. Hidangan yang pas banget disantap saat hari sedang panas-panasnya..
    Baru juga kalau ada nama kerennya, parfrait, biasanya nyebutnya cuma yoghurt tok..ehehe

    BalasHapus
  6. Parfait wowww seger banget bunn jadi ngilerrr kayaknya endeusss... pengenn bamget aku jadinya...(gusti yeni)

    BalasHapus