Kamis, 17 November 2016

Membuat Es Coki Coki dan Tiruannya


Es coki coki adalah salah satu jajanan yang cukup terkenal beberapa waktu ayng lalu. Cara membuat es coki coki mudah sekali. Cukup denagn memasukkan coki coki ke dalam plastik es. Plastik es lalu diisi oleh susu atau santan yang berwarna putih. Ketika dicampur, es ini akan membentuk pola marmer yang menarik. Selain bentuknya yang menarik, rasa es ini juga cukup enak dengan paduan rasa coklat coki coki dan krim susu. Semakin banyak susu yang digunakan, semakin gurih rasanya. Yang perlu diingat adalah jika kandungan susu lemak dan gula cukup banyak, waktu es untuk membeku semakin banyak.


Beberapa penjual es ada yang membuat variasi es coki coki ini denagn bahan yang berbeda. Mereka menggunakan agar agar atau hunkwe dan memberi sedikit pewarna. Hasilnya adalah es lilin berwarna putih dengan marmer yang berwarna warni di sekitarnya, cukup menarik bukan?

Tidak perlu kuatir jika tidak memiliki persedian coki coki di rumah. Kita bisa membuat sendiri pasta coklat yang menyerupai coki coki walaupun tidak sama.  Foto di bawah menunjukkan es coki coki tiruan yang terbuat dari pasta coklat dan susu cair dalam kemasan.


Kalau kita bandingkan dari foto keduanya, kita bisa melihat es coki coki memiliki campuran yang lebih homogen dibandingkan es tiruannya. Pada es coki tiruan kita dapat melihat adanya bubuk coklat. Lapisan minyak dan gula ketika beku  terlihat agak memisah pada es coki tiruna. Maklum, proses pengadukan di pabrik coki coki dan di rumah pasti berbeda. Bedanya kalau kita membuat sendiri kita bisa mengatur bahan sesuai selera dan keinginan.


Pasta coklat yang digunakan pada es diatas adalah gabungan dari coklat bubuk, gula merah cair dan sedikit kacang tanah giling untuk menambah rasa gurih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar