Rabu, 22 Agustus 2012

Resep dan Tips Membuat Brownies Kukus

Awalnya mendapat resep brownies kukus dari Resep Nyonya Lim, akhirnya dimodifikasi di dapur sampai sesuai denagn kondisi dan selera sendiri.

Resep

Bahan A:
  • 600 gram telur (kurang lebih 12 butir)
  • 400 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
Bahan B:
  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram coklat bubuk
Bahan C:
  • 350 gram minyak hangat
  • 200 gram coklat blok dicairkan.
Bahan D :

Bahan lapisan coklat bisa berupa: meses, coklat blok yang diserut atau campuran antara coklat bubuk gula pasir dan sedikit tepung maizena.

Keterangan: Akan menghasilkan 2 loyang  ukuran diameter 22 cm

Cara membuat

 Kocok bahan A sampai mengembang, masukkan bahan B, aduk rata dengan spatulla. Masukkan bahan C, aduk rata. Adonan dibagi dua. Setengah bagian dimasukkan dalam loyang, dikukus selama 20 menit. Masukkan adonan lapisan coklat. Setelah itu sisa adonan dituang dan dikukus kembali sampai matang kurang lebih 30 menit.

Tips

  1. Pastikan wadah kocokan bersih dan kering. Lebih bagus menggunakan wadah dari logam (wadah plastik yang berminyak dapat menghambat telur menjadi berbusa, jadi waktu pengocokan lebih lama). Kocok awal memakai low speed, ketika mulai berbusa banyak, tingkatkan ke medium, lalu high. Cara ini menghasilkan adonan yang lembut. Setelah adonan meninggalkan jejak, atau lambat turun ketika diambil dengan sendok, berarti adonan siap dicampur.
  2. Brownies kukus ini memiliki rasa coklat yang sangat dominan, sehingga sebaiknya gunakan coklat bubuk dan coklat blok berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Coklat bubuk bensdorp memberi rasa coklat yang kuat dan dark sementara coklat bubuk van houten memberi rasa coklat yang lebih mild. Coklat blok Collata memberi rasa coklat yang tajam, sementara coklat Tulip lebih lembut, jadi tergantung selera anda)
  3. Agar warna coklat tidak buram, jaga jangan sampai air masuk dalam coklat yang sedang ditim.
  4. Jangan lupa gunakan lapisan kain pada tutup kukusan agar air tidak menetes pada kue.
  5. Untuk mendapatkan brownies yang lembut dan lembab, gunakan api kecil, jangan biarkan kue terlalu lama dikukus karena akan menjadi keras. Ketika kue sudah matang, segera keluarkan kue agar tidak berair.

2 komentar: