Selasa, 01 Mei 2012

Mengapa Margarine Berbahaya Bagi Kesehatan

Benda padat kuning beraroma ini adalah benda populer di kalangan penghuni dapur… untuk membuat kue kering, cake, olesan, panggang, menumis, dll…. konon rasanya memang asin asin gurih… Ada yang sudah punya keyakinan kalau benda ini ditambahkan pada kue dan masakan, rasanya lebih gurih dan enak….

Yang perlu kita ingat lagi kita makan gak cuma untuk merasakan enaknya saja… kita makan agar dapat beraktivitas dengan baik dan sehat. Bahkan perlunya makan makanan yang baik dan sehat ini sampai disebutkan dalam Al Quran dan Hadits. “Makanlah makanan yang halal dan baik”… dan menjadi slogan berapa pengusaha makanan- (masih ingat dengan Halalan Thoyiban yang kini sudah populer di warteg warteg kan..?)

Margarine dibuat dari minyak kelapa, kelapa sawit bahkan minyak kedelai yang diproses melalui proses hidrogenisasi. Proses ini memungkinkan minyak yang tadinya adalah benda cair menjadi benda padat. Pada proses ini hidrogen dimasukkan dalam minyak dengan bantuan katalis logam seperti logam nikel dengan suhu tertentu.Hasilnya adalah benda pucat berwarna putih keabuan. Dari sini mentega dipoles lagi, tambah zat pewarna, perasa, dll hingga bentuknya menjadi mentega yang dapat diperoleh di pasar pasar. (Gosipnya dulu mentega ini dibuat sebagai pengganti makanan kalkun, apa daya kalkun kalkun tersebut jadi mati ketika mengkonsumsi makanan ini ). Selain margarine, benda ini dapat juga disebut sebagai hydrogenated vegetable oil yang banyak terdapat di bahan makanan kemasan seperti biskuit, roti, crackers, dll.

Proses hidrogenisasi ini menghasilkan lemak trans yang sangat sulit bahkan ada yang menyebutkan tidak dapat diproses oleh tubuh… jika terus dipaksakan sel sel tubuh menjadi rusak. Akibatnya timbullah berbagai macam penyakit seperti sakit jantung atau stroke. Info tentang margarine ini cukup banyak tedapat di internet, klik saja /http://myculturedpalate.com/blog/2012/12/10/is-margarine-harmful-6-secrets-they-dont-tell-you/ dan
http://www.dailymail.co.uk/health/article-2274747/At-truth-Butter-GOOD--margarine-chemical-gunk.html

Sekarang semua tergantung pada pilihan kita masing masing. Mau tetap mengkonsumsi margarine atau mau coba cari alternatif penggantinya. Masih banyak bahan makanan atau resep lain yang tidak menggunakan mentega tapi cukup enak can sehat untuk dimakan. Contohnya (untuk kue kering, ada kue kacang, kue bawang, opak, rengginang, telur gabus, dll.

Untuk kue basah bisa tetap membuat bolu dan roti, mentega dapat ditukar denagn minyak goreng atau butter, untuk kue basah lain, kita masih ada resep kue tradisional seperti awug beras, klepon, kue mangkok, pukis, dll. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar