Jumat, 14 Juli 2017

Ayo Kita Bersihkan Sayuran Yang Akan Dimasak


Tugas seorang tukang masak memang cukup berat. Bukan sekedar mengolah makanan tapi juga menyiapkan makanan untuk dimasak. Apalagi di dalam Islam makanan yang kita makan harus bersih dan suci. Suci artinya makanan sudah bersih dari kotoran dan najis. Ada kotoran yang hanya kotor seperti debu, serat, dan lain lain serta ada kotoran yang termasuk najis. 

Di bawah ini adalah sedikit gambar dokumentasi tentang kotoran yang terdapat di sayur Bayam dan Brokoli. Saya menggunakan lensa Makro agar kita bisa lebih jelas melihatnya. 

Saya membeli sayuran ini dari tukang sayur keliling dan jelas bukan sayur organik yang mungkin sudah bersih dari Supermarket.

Gambar di bawah ini adalah sayur Bayam. Kita bisa melihat ada bintik berbentuk bulat, ada juga yang terlihat seperti selai yang lengket. Keduanya harus kita bersihkan. Ada banyak cara yang dapt dipakai, membuang satu satu, atau meletakkan air ke dalam wadah dan membersihkan sayur dengan bantuan air.







Gambar kedua adalah sayur Brokoli. Biasanya pada sayur ini terdapat ulat dan semua yang terkandung didalam ulat termasuk apa yang sudah dimakannya dan dikeluarkan. Ini adalah ulat yang terdapat pada brokoli. Selain ulat, biasanya kita menemukan benda lengket dan benang benang halus di sela sela batang Brokoli. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan cara membuang satu persatu, atau menyikat sayur dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.







2 komentar:

  1. Kok kalo udah difoto malah kelihatan menggelikan ya,padahal kalo terjun langsung biasa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ternyata banyak hal menggelikan yang kita nggak sadar ya... hehehe

      Hapus