Rabu, 13 September 2017

Beberapa Contoh Tomat Yang Dapat Dipakai Untuk Memasak


Dulu awal awal belajar memasak.. saya sama sekali tidak tau kalau tomat memiliki jenis yang sangat banyak dan berbeda beda. Tapi pelan pelan saya mulai mengenal tomat ceri, tomat yang biasa dipakai untuk sambal dan tomat yang biasa dipakai untuk dijus dan lain lain.

Sumber dari Wikipedia


Tomat ceri berbiji banyak dan rasanya sangat asam. Cocok untuk dibuat sambal terasi dengan bawang mentah.
 
Tomat untuk di jus


Tomat untuk dijus sangat berair cocok untuk dijadikan minuman. Sepertinya tomat mengandung gula, air dan serat dengan komposisi yang berbeda beda dengan perbandingan daging buah dan biji yang berbeda pula. Tomat untuk jus rasanya manis dan banyak air, tapi tomat seperti ini kurang cocok untuk dijadikan saus tomat karena air yang banyak itu harus dikeringkan sehingga agak boros energi ketika memasaknya. Untuk sambal sesuai selera saja, ada yang suka rasa asam, ada yang rasa manis gurih. Tomat mengandung glutamat yang cukup banyak sehingga dapat dijadikan bahan penyedap alami pada nasi goreng, sup, lauk, dan lain lain. O ya, ada juga tomat yang  cocok untuk hidangan salad. Biasanya kulitnya agak tipis, tapi bijinya sedikit dan dalamnya empuk untuk dikunyah.



Foto-foto tomat ini adalah tomat yang saya peroleh dari tetangga yang memiliki kebun tomat non pestisida. Rasanya enak, gurih dan berair banyak. Tetangga saya menyarankan agar tomat ini dibuat jus tomat karena berair dan manis rasanya.


Sebagian saya coba utnuk campuran mie goreng, sebagian lainnya untuk saus tomat. Rasanya tetap enak.

6 komentar:

  1. Saya belum pernah liat tomat ceri, mba. Di sini belum ada yang jual ataupun menanamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pohon tomat ceri saya sudah mati.. anak anak kurang begitu suka soalnya banyak bijinya.. terakhir panen banyak malah nggak kemanak.. mau dibuat manisan juga susah karena banyak bijinya.

      Hapus
    2. maaf typo, #nggak kemakan maksudnya

      Hapus
  2. Wuih senangnya punya tetangga yang nanem tomat non pestisida. Saya sering nan sendiri tapi pas berbuah biasanya masih pada ijo udah dipetikin bocil😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya sendirikurang sukses menanam tomat sendiri. kurang telaten

      Hapus
  3. Kalau membuat tumisan, saya suka pakai tomat yang agak banyak, mbak Wisda. Rasanya tumisannya pasti enak dan gurih, jadi nggak perlu pakai penyedap rasa:)

    BalasHapus