Selasa, 05 Agustus 2014

4 Langkah Membuat Tepung Beras Merah Untuk Makanan Bayi

Untuk yang mengurangi makanan instant dan lebih suka membuat sendiri makanan utnuk anak anak, di bawah ini ada cara utnuk membuat tepung beras merah utnuk bayi.
Pilih beras merah yang ebrkualitas tinggi, beras yang pecah kulit akan lebih baik dan lebih gurih, atau setidaknya pilihlah beras merah yang bersih tidak banyak gabah dan berbatu. lebih mudah lagi belilah beras merah kemasan yang ada di supermarket.

  1. Rendam beras merah dalam air setelah beras dicuci terlebih dahulu selama 12 jam. Tiriskan beras.
  2. Jemur beras di atas tampah. Jika tidak ada sinar matahari, beras bisa dikeringkan di dalam oven. Pastikan beras betul betul kering sebelum digiling untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri. Giling beras di penggilingan yang ada di pasar atau giling sendiri di rumah denagn alat penggilingan kopi manual atau otomatis. Beras yang sudah digiling tidak akan seragam butiran halusnya. Ini karena pada beras, bagian inti beras sangat sulit untuk digiling sehingga butirannya masih kasar. 
  3. Ayak beras yang sudah digiling dan pisahkan butiran yang kasar. Butiran ini bisa dipakai sebagai campuran bubur nasi atau nasi tim kelak. sangarai butiran halus beras merah atau masukkan kembali dalam oven. 
  4. Simpan dalam wadah kedap dan lebih baik lagi di dalam kulkas, gunakan seperlunya.
    Tepung beras ini harus dimasak sebentar  (gunakan perbandingan 1 : 6 untuk menghasilkan bubur beras yang lembut) dan tidak bisa jika hanya dituang air panas saja. Bubur ini bisa ditambahkan garam, larutan gula atau susu sebelum diberikan pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar