Sabtu, 19 Juli 2014

Membuat Lapis Legit Tidak Perlu Banyak Telur (Eksperimen Resep)

Lapis Legit  adalah kue yang terdiri dari beberapa lapisan yang mesti dimatangkan satu persatu.
Salah satu prasyarat membuat kue ini adalah mengatur panas api atas yang dapat dilakukan dengan oven gas, listrik, atau meletakkan bara arang di atas oven tangkring. Saya sendiri cukup memakai oven gas saja.

Tiga resep lapis legit ini terbuat dari tiga resep yang berbeda terutama dari jumlah telurnya.
Lapis Legit pertama

Lapis legi diatas ini menggunakan telur utuh 8 butir. Yang ini tidak terlalu eneg dam lumayan mengenyangkan karena terigunya agak banyak dibanding resep lainnya.
Lapis Legit kedua

Lapis legit kedua ini menggunakan kurang lebih 16 telur, sebagian putih saja yang dipakai (450 cc kuning dan 350 cc putih)


Setelah dicoba ternyata resep ini menghasilkan 1 loyang ukuran 20x20 dan 1 loyang ukuran 20x9.. lumayan banyak...telur yang dipakai kurang lebih 1 kg saja. Rasanya lembut, manis dan berlemak.  Cukup layak  untuk dijadikan buah tangan atau hadiah.
Lapis Legit ketiga


Lapis legit ketida ini menggunakan 18 telur, kuningnya saja.
Resep diambil dari sini

Lapis legit ketiga ini paling gurih karena hanya menggunakan kuning telur saja. Cuma kita harus memikirkan  tindakan apa yang harus dilakukan pada sisa putih telur agar tidak mubazir. Biasanya di rumah untuk campuran mi goreng...:)

Pernahkah membuat lapis legit dalam jumlah banyak (3 resep sekaligus???)

Caranya sama saja, cuma yang perlu diperhatikan adalah waktu pengocokan, pencampuran dan pemanggangan. Pastikan wadah untuk mengocok dan mencampur cukup dan tidak meluap. Jika bahan tidak tercampur dengan baik, di setiap lapisnya akan ada kejutan akibat dari pencampuran yang tidak rata...:) Pemanggangan sebaiknya menggunakan api kecil saja, agar waktu untuk mengeluarkan dan menambah lapisan cukup untuk setiap loyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar