Sabtu, 19 Juli 2014

Memodifikasi Resep Rendang Untuk Anak


Rendang asli sendiri memiliki dua versi yaitu versi padang dan versi medan. Kalau di Medan, variasi bumbunya lebih banyak dari rendang asli padang. Kalau kita berkunjung ke Restoran Padang, rasa rendang di restoran yang satu dan yang lain tidak akan ada yang sama kecuali kalau memang masih memiliki nama dagang yang sama seperti RM Sederhana, Kapau Kaya,  Sari Bundo, dll.

Begitu juga kalau kita membeli rendang kemasan yang sudah jadi di supermarket. Ini menunjukkan dari satu resep rendang yang diwariskan oleh nenek di zaman dahulu, sudah termodifikasi banyak versi rendang. Rendang juga tidak terbatas untuk daging sapi saja, ada rendang ayam, rendang kerang, rendang kacang merah, dll. 

Dari resep yang ada kita bisa memodifikasi sendiri resep rendang agar sesuai dengan selera orang yang menikmatinya. Tapi tentu saja kita tidak ingin ciri khas dari rendang tersebut berubah.


Menurut selera anak anak di rumah, rendang yang enak adalah:

  • Aroma kelapa dan daging yang dominan. Untuk mencapai hal ini biasanya perbandingan antara jumlah kelapa adalah 3 kelapa utnuk 1 kg daging ditambang setengah butir kelapa untuk diparut dan dijadikan dedak. (ini masih sesuai dengan resep aslinya). Tambahkan air kelapa ketika hendak memeras santan agar lebih gurih dan rendang lebih mudah berwarna coklat. Gunakan juga santan yang kental. Santan encer bisa disisihkan untuk resep yang lain.
  • Tidak terlalu pedas sehingga bersahabat di mulut anak anak. Untuk mencapai hal ini kurangi jumlah cabe dan  buang biji cabe yang akan digunakan.
  • Agak manis. Walaupun tidak ada rendang yang rasanya manis, tapi jika ini sesuai denagn selera di rumah, tidak ada salahnya digunakan. Tambahkan gula jawa sesuai dengan selera.
  • Daging tidak terlalu keras agar dapat dimakan oleh balita. Untuk mencapai tujuan ini saya mengungkep dulu daging yang digunakan dengan sedikit bumbu garam merica bawang putih sebelum dimasak menjadi rendang.
  • Bumbu lain yang khas rendang seperti bunga lawang, ketumbar, jinten, pala, lengkuas, sereh, jahe dapat digunakan sesuai selera. Jika suka gunakan sesuai takaran resep aslinya. Bumbu ini selain sebagai penambah aroma juga dapat berfungsi menghangatkan badan dan baik untuk anak anak.
  • Rendang yang berdedak. Rahasia membuat rendang banyak dedak adalah dengan menambahkan kelapa tua yang disangrai kering lalu ditumbuk halus dengan cobek. Untuk 1 kg rendang kita bisa menambahkan dedak sampai setengah butir kelapa tua. Pastikan kelapa untuk dedak telah disangrai sampai coklat dan langsung ditumbuk panas panas sampai halus.



    Masukkan dedak bersama sama denagn bumbu halus ke dalam santan.Masak sampai rendang kering dan mengeluarkan minyak. Jika dedak terlalu sedikit, kita dapat menambahkan lagi dedak yang dibuat seperti cara yang sama. Jika terlalu banyak dedak yang menyebabkan rendang terasa kering dan seret di tenggorokan, tambahkan lagi sejumlah santan kental.

Ini resep rendang yang cukup berempah dan pedas yang saya modifikasi sehingga pas dengan lidah anak anak. Rendang di bawah ini lebih dekat ke rendang versi Medan dibanding Padang. Bagian tanda kurung adalah resep yang sudah saya modifikasi.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi tanpa lemak & urat (saya memilih bagian yang empuk yaitu has dalam diungkep terlebih dahulu dengan garam merica dan bawang putih halus)
  • 2 liter santan dari 3 butir kelapa yang diperas dari air kelapa ditambah air secukupnya, ambil bagian kental sebanyak kurang lebih 2 liter
     
  • 2 sdt garam /secukupnya
     
  • 1 sdm air asam jawa
     
  • 200 gr kelapa sangrai kering untuk dedak, haluskan dengan cobek (biasanya sampai berminyak)

Bumbu dedaunan:
  • 1 lembar daun kunyit, cabik2 & simpulkan
  • 4 lembar daun jeruk, sobek2
  • 2 batang serai, memarkan

Bumbu halus:
  • 100 gr cabe merah (saya kurangi menjadi 50 gr, biji cabe dibuang).
  • Cabe rawit untuk yang suka pedas
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 4 cm jahe
  • 2 buah pangkal serai
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  •  3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • 1 sdt merica butiran, sangrai (saya kurangi jumlahnya agar tidak terlalu pedas. kombinasi cabe dan merica yang banyak akan menghasilkan rendang yang pedas dan cukup menyengat di perut).
  • 4 buah pekak/bunga lawang/star anise kecil atau 2 yang besar rendam dalam sedikit air agar lunak. (Ini tergantung selera, rasanya jadi lebih berempah, namun saya tidak memakainya karena baunya kurang disukai anak anak).
  • 1/2 buah gula merah ukuran sedang pada rendang yang dimasukkan setelah daging mulai empuk agar terasa manis dan cocok untuk anak anak. 


Cara membuat rendang cukup mudah, masukkan semua bumbu daun dan halus kedalam santan kental, aduk hingga mendidih, masukkan daging, tunggu sampai air mulai habis dan kuah mulai berminyak. 


Setelah itu aduk rendang sampai kering sesuai selera. Rendang  kering lebih awet kalau disimpan tapi di rumah lebih suka rendang yang masih sedikit berkuah.

 
 

8 komentar:

  1. Wah rahasia masak rendang seperti itu ya. Aku suka banget rendang di masakan padang tapi belum bisa memasaknya. Makasih udah kasih resepnya

    BalasHapus
  2. Menarik juga ada rendang khusus anak. Tentunya versi anak bumbunya jangan pedas ada manisnya juga

    BalasHapus
  3. dari bumbu dan bahannya cukup mudah dicari ya mba, cara buatnya juga lumayan mudah, jadi pengen cobain bikin rendang deh. dulu waktu saya di flat kampus, banyak mahasiswa luar, mereka suka banget masak-masakan Indonesia, dan rendang jadi favorit mereka, sering bikin bareng teman2 dari padang. dan ternyata memang ga sesulit yang saya bayangkan ya, namun hanya butuh kesabaran aja masakanya karena lumayan lama dan detail gitu

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu kalau ada rendang versi Medan. Taunya hanya rendang versi Padang. Jadi penasaran juga itu rasanya gimana. Maklum, saya kan doyan nyoba makanan. Ahahahha.

    BalasHapus
  5. Bumbu rendang lumayan banyak ya, beberapa nama bumbu juga tidak familiar alias saya tidak tau. Selama ini cuma jadi penikmat belum pernah buat

    BalasHapus
  6. Maknyus ni.. bikin rendang dimodifikasi tuk selera anak. Kreatif idenya. Kpn² coba resepnya deh.. 👍

    BalasHapus
  7. Asyik banget mbak resepnya. Aku waktu masih kantoran, doyaan banget sama masakan Padang. Ya, salah satu yg bikin ngiler karena rendangnya. Dan bener kok seperti yg ditulis di artikel, rasa rendang tiap chef-nya memang beda. itu ngaruh bgt sih di lidah. Hihihi. Btw, aku juga suka pake Kara loh klo .asal rendang. Mantab 👍

    BalasHapus
  8. Wah pantes rendang khas Padang itu beda ya, dedak kelapanya yang buat beda. Saya suka banget nih sama rendang di salah satu RM yang mba sebutkan :)

    BalasHapus