Sabtu, 19 Juli 2014

Memasak Onde-onde Bersama Anak-anak

Dah ada resep, dah coba cari tips tips di internet.... ternyata pengalaman sendiri lebih berharga... sepintas membuat onde onde sepertinya gampang saja.. apalagi saya belum pernah menemukan cerita tentang node onde yang gagal.... ternyata yang bisa bikin onde onde gagak tuh antara lain:
Adonan kulit terlalu cair sehingga kulit sulit dibentuk, solusinya, tambahkan tepung, atau kalau ingin sesuai denagn resep tapi hasilnya lembek, diamkan adonan sejenak, masukkan kulkas, baru dibentuk dalam keadaan dingin.... adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.
Kulit terlalu tebal atau tidak rata... berhubung yang bikin anak anak jadi ada kulit yang tebal sekali ada yang tipis, akibatnya ketika digoreng ada yang tebal dan tipis, terkadang mentah.... kalau mau bagus, bentuk pipih adonan kalau perlu denagn gilasan kue, masukkan kacang hijau baru tutup bentuk bulat, sisihkan adonan sisa.
Minyak terlalu panas shingga adonan mentah... jangan kuatir, masih bisa dimakan kok, kukus saja adonan onde ondenya, Insya Allah matang.
Tips lain: adonan isi dapt dibuat dalam waktu yang singkat jika memiliki panci presto. Masukkan kacang hijau kupas, tambahkan sdikit air hingga kacang hijau terendam, masak dalam panci presto, tambahkan gula, masak hingga adonan agak kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar