Selasa, 29 Juli 2014

Beberapa Variasi Topping Donat

topping donat denagn coklat leleh (sebelah kiri dan kanan) dan ganache (tengah)
Topping donat sangat bervariasi,ada yang cukup dengan menambahkan coklat blok yang dilelehkan, ganache, ada yang menggunakan gula glasuur, ada juga yang memakai campuran putih telur ke dalam gula.

Topping coklat leleh

Untuk menambahkan aroma ada yang menambahkan butter yang dilelehkan bersama sama coklat. Hasilnya topping dark chocolate menjadi lebih terasa susunya dan lebih lembut dengan penambahan ini. Jika jumlah butter sangat banyak, topping lebih lama membeku. Jika gagal membuat topping coklat leleh karena coklat menggumpal akibat terkena air, silakan lihat di sini.http://dapur-harmoni.blogspot.com/2014/07/jika-coklat-yang-dilelehkan-menggumpal.html

Toping ganache


Perbandingan yang populer adalah 2 : 1 (silahkan lihat di http://dapursolia.blogspot.com/2012/05/ganache-21.html) maksudnya 2 bagian coklat 1 bagian krim. Ada juga yang membuat perbandingan 1:1 seperti di: http://www.cakefever.com/tips-membuat-ganache-coklat/#axzz38oWz7aPq. Semakin banyak krim adonan akan semakin lembut tapi coklat kurang terasa, begitu juga sebaliknya. Silahkan pilih yang sesuai dengan selera. Krim bisa dibuat dari krim cair yang tinggal tuang atau dibuat dari whipcream bubuk yang dicampur air).

Cara membuatnya: panaskan krim cair atau bubuk krim yang dicampur air atau susu, masak denagn api kecil. Perhatikan api jangan terlalu besar atau krim akan pecah. Matikan api, tambahkan coklat blok satu persatu. Aduk sampai semua meleleh, dinginkan. Adonan bisa langsung dioles kada permukaan kue. Jika menginginkan ganache yang lebih lembut lagi dinginkan coklat sampai hampir beku, lalu kocok adonan dengan mixer kecepatan tinggi sampai adonan terasa lembut/ creamy.

Topping gula glasuur

150 gr confectioner sugar (bisa diganti dengan gula halus)
3 - 4 sdm cairan (susu, air, dll)
2 sdt ekstrak vanilla

Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan terlihat cair dan mudah dibentuk. Adonan bisa ditambahkan coklat, madu, cairan jeruk nipis, ekstrak buah buahan, dll. Tambahkan sesuai dengan selera anda. Jika sulit menemukan confectioner sugar bisa juga menggunakan gula halus, hanya takaran air perlu ditambah sedikit. Tambhakan perlahan lahan sampai adonan bisa dibentuk. Lebih mudah jika menggunakan air termos sehingga gula cepat mencair tapitida berubah sifat gulanya (tidak gosong).



Donat yang dihias dengan gula glasuur

Topping royal icing:

Topping dengan menggunakan putih telur dan icing sugar. Icing sugar dapat diganti dengan gula halus. Jika menggunakan topping jenis ini disarankan setelah proses memasang topping selesai, masukkan donat dalam oven, pangang sebentar agar putih telur matang.

Bahan:
60 ml putih telur
225 gr gula halus
1 sdt jeruk nipis berfungsi sebagai penstabil putih telur.
Bisa menggunakan essens vanila atau ditambah ekstrak sari buah untuk aroma.

Cara membuat :
Kocok semua bahan sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

Topping seperti Donat JCo

 1. Topping tiramisu :
  • Fresh cream atau whipping cream non dairy (cair) 100 gr
  • Glucose 25 gr
  • Milk chocolate 150 gr
  • Nescafe coffee 2 gr
Cara membuat topping tiramisu :
Jerang fresh cream diatas api kecil dengan kopi nescafe ditambah glucose jangan sampai mendidih, aduk rata lalu terakhir masukan milk chocolatenya aduk aduk hingga mengental, angkat aduk lagi hingga melumer coklatnya (tidak perlu mendidih cukup sampai lumer saja). Setelah menghangat bisa digunakan untuk topping donat, dinginkan disuhu ruang. Kalau ingin agak membeku masukan ke kulkas sebentar saja.

2. Filling (isian) tiramisu :
  • Mascarpone cheese 150 gr dikocok
  • Nescafe coffee 2 gr
  • Fresh cream 100 gr
Cara membuat filling tiramisu :
Mascarpone cheese dikocok sebentar saja, sampai dengan lembut, lalu diaduk bersama nescafe coffee tambahkan whipping cream cair yang sudah dikocok sampai kaku, aduk semuanya hingga merata siap untuk dijadikan isian donat

3. Topping green tea :
  • White chocolate 150 gr
  • Fresh cream 100 gr
  • Glucose 25 gr
  • Greentea powder 3 gr

Cara membuat : campurkan fresh cream, glucose dan greentea powder (jika ingin terlihat berbintik bintik greenteanya, si bubuk greenteanya terlebih dahulu dilarutkan dengan air sedikit saja, jerang diatas api hingga merata. Jangan sampai mendidih , api kecil saja, setelah itu tambahkan white chocolatenya diaduk aduk sampai lumer dan merata. Angkat. Biarkan menghangat, lalu celupkan donat setengahnya tunggu hingga mengeras disuhu ruang agar mengkilatnya lebih cantik.

4. Filling greentea :
  • 150 cc cream cheese dikocok
  • Greentea 3 gr
  • Whipping cream cair 100 gr

Cara membuat, cream cheese dikocok hingga lembut masukan bubuk greentea aduk sebentar, kocok whipping cream cair hingga kaku, tambahkan cream cheese kocok aduk merata siap digunakan

5. Topping cappuccino :
  • White chocolate 100 gr
  • Glucose 25 gr
  • Fresh cream 100 gr
  • Cappuccino filling 80 gr

Cara membuat :
Cara membuat : campurkan fresh cream dan glucose jerang diatas api hingga merata. Jangan sampai mendidih ya, api kecil saja, setelah itu tambahkan white chocolate dan filling cappuccino diaduk aduk sampai lumer dan merata. Angkat. Biarkan menghangat, lalu celupkan donat setengahnya tunggu hingga mengeras disuhu ruang agar mengkilatnya lebih cantik.

6. Filling cappuccino :
  • Whipping cream cair 100 gr
  • Cappuccino filling 100 gr

Cara membuat :
Kocok whipping cream cair hingga kaku tambahkan cappuccino filling, kocok lagi sebentar hingga tercampur rata, siap digunakan sebagai isian donat.

7. Filling cheese :
  • 100 gr cream cheese
  • 25 gr icing sugar
  • Whipping cream cair 100 gr
  • White chocolate 100 gr (lelehkan dengan cara ditim)

Cara membuat :
Kocok cream cheese hingga lembut, sisihkan, kocok whipping cream cair dengan white chocolate cair dan icing sugar hingga kaku dan lembut. Masukan kedalam kulkas sebentar tambah kurang 15 menit. Campur kocokan whipping cream dengan cream cheese aduk rata dan siap digunakan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar